1 juta akun Yahoo diketemukan telah di-hack pada tahun 2013 yang lalu

Pada bulan September 2016 yang lalu, Yahoo mengumumkan penemuan mengejutkan mengenai telah di-hack nya 500 juta akun penggunanya. Namun sayangnya ternyata kejutan dari Yahoo belum selesai, baru-baru ini, Yahoo kembali mengumumkan bahwa ketika mereka melakukan penyelidikan tentang kasus hack sebelumnya, mereka juga menemukan kasus hack baru yang terpisah dimana diperkirakan sekitar 1 juta informasi akun Yahoo kini ada di tangan seorang hacker. Yahoo memperkirakan bahwa penyusupan ini terjadi pada tahun 2013 yang lalu.

Data akun yang ditenggarai telah didapatkan para hacker adalah nama, alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, password yg dihash MD5  serta, dalam beberapa kasus, pertanyaan serta jawaban keamanan akun, baik itu yang dienkripsi maupun tidak.

Tim penyelidik Yahoo memperkirakan bahwa hack yang terjadi pada server-server mereka disponsori oleh sebuah negara tanpa menyebut lebih lanjut negara mana yang terlibat. Beberapa laporan yang beredar di Internet menyebutkan bahwa Yahoo selama bertahun-tahun yang lalu telah memberikan hak akses kepada NSA (National Security Agency — Lembaga Keamanan Nasional AS) untuk masuk ke server-server milik Yahoo. Laporan inilah yang menyebabkan rencana akusisi Yahoo oleh Verizon belum juga menjadi kenyataan sampai dengan hari ini.

Atas temuan baru ini, Yahoo kembali mengingatkan penggunanya untuk mengganti password serta pertanyaan dan jawaban keamanan. Pada setiap layar login web Yahoo Mail, kini juga disertakan peringatan seperti gambar di bawah ini:

yahoo-warning

Masih patut percayakah kita pada Yahoo?

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s