Intel merilis pesaing Raspberry Pi 3, lebih kencang, lebih canggih, namun jauh lebih mahal

Sebetulnya Intel tidak memposisikan Joule 550x, sebuah komputer papan tunggal mini, untuk menyaingi Raspberry Pi secara langsung. Segmen pasar yang ditargetkan Raspberry Pi agak berbeda dengan segman pasar yang ditargetkan oleh Intel Joule 550x ini. Raspberry Pi ditujukan pada para pelajar ataupun hobbyist untuk belajar programming, namun Joule 550x lebih diarahkan pada para produsen IoT, Drone dan segmen bisnis ataupun pabrik, dimana komputer mini mereka ini dapat dipergunakan sebagai controller proses otomatisasi produksi.

joule-550x

Intel Joule 550x bisa dibilang merupakan komputer papan tunggal tercanggih dan terkuat yang beredar di pasar saat ini. Processor 4-core (Intel Atom T5500) 1,5 GHz, memori LPDDR4 RAM 3 GB, memori penyimpanan 8 GB eMMC, 2 buah port USB 3.0, 802.11ac WiFi, Bluetooth 4.2, port I2S, GPIO, UART dan berbagai macam aksesoris lainnya memang membuat Joule 550x ini bekerja jauh lebih cepat daripada sebuah Raspberry Pi namun harga yang ditawarkannya pun relatif tinggi, sekitar US$ 149 – 159.

Karena menggunakan platform processor x86 yang memiliki begitu banyak tools programming yang sudah tersedia, Intel Joule 550x menjadi lebih mudah untuk dikembangkan dan diimplementasikan pada produk akhir. Linux dan Windows 10 IoT Core menjadi dua sistem operasi yang didukung penuh oleh Joule 550x.

(sumber: PCWorld, sumber foto: NewEgg)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s