[Updated] TSMC mengalami kesulitan memproduksi chip dengan proses 10nm

TSMCPerlombaan dalam memproduksi chip dengan proses produksi yang semakin efisien ternyata memberikan tekanan besar bagi para produsen. TSMC, salah satu produsen chip ternama di dunia, saat ini dikabarkan sedang mengalami kesulitan dimana output produksi chip berbasis 10nm nya tidak memenuhi jumlah minimum yang diperlukan. Jika kabar ini benar, maka berbagai merek besar yang selama ini menggunakan jasa TSMC untuk memproduksi chipset akan sangat khawatir.

Apple  yang sudah lama menjadi salah satu customer utama TSMC sudah pasti akan memutar otak menghadapi berita ini. Produksi chipset A10X yang akan digunakan pada iPad generasi selanjutnya serta A11 untuk iPhone 8 sepenuhnya diserahkan Apple kepada TSMC. Output produksi dengan jumlah dibawah standar sudah pasti akan membuat penjualan gadget-gadget Apple menjadi tersendat.

Beberapa merek besar lainnya seperti Qualcomm, MediaTek, serta HiSilicon (Huawei) juga menggantungkan nasibnya pada TSMC untuk memproduksi chipset-chipset mereka. Atas berita ini, Qualcomm bahkan sudah merevisi roadmap produk tahun 2017-nya. Akankah TSMC mampu menyelesaikan masalah produksinya tepat waktu? semoga saja.

Update 28.12.2016: TSMC dalam pernyataan resminya menyangkal berita mengenai permasalahan produksi chip 10nm miliknya. Juru bicara TSMC menyebutkan bahwa semua proses produksi berjalan normal dan chipset A10X, A11, serta Snapdragon 835 akan diterima produsen smartphone (dan tablet) sesuai schedule yang telah ditentukan tahun depan.

(sumber: NotebookCheck, update: PhoneArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s