Persaingan sengit memaksa Asus dan Gigabyte merestrukturisasi beberapa divisinya

asgigDunia komputer sudah mengenal dua nama besar Asus dan Gigabyte sejak lama, keduanya memiliki marketshare besar sebagai produsen motherboard, baik itu dengan merek mereka sendiri atau sebagai pabrikan OEM. Namun disisi lain, ternyata Asus dan Gigabyte tidak merasakan sukses yang sama di pasar gadget dan accesories PC.

Gigabyte, akhirnya memutuskan untuk menghentikan R&D serta penjualan smartphone yang sebelumnya ditangani divisi Gigabyte Communications, serta accesories PC yang ditangani Gigazone International. Kedua divisi ini dianggap tidak dapat memberikan kontribusi revenue yang positif bagi perusahaan. Dalam pernyataan lebih lanjut, Gigabyte menegaskan bahwa mereka akan tetap memberikan dukungan dan garansi bagi produk yang sudah dibeli oleh pelanggan.

Lain halnya dengan Asus, mereka masih memiliki taring yang tajam di dunia smartphone dengan berbagai model Asus ZenFone-nya. Sayangnya, jejak kesuksesan ZenFone tidak diikuti oleh jajaran tablet yang diproduksi oleh Asus. Inilah yang memicu Asus untuk merestrukturisasi divisi tabletnya sejak awal 2016 yang lalu. Beberapa ratus staf R&D dan penjualan akan direlokasikan ke divisi VR/AR (Virtual Reality/Augmented Reality) dan divisi Smartphone. Dan proses ini diharapkan selesai pada pertengahan 2017 nanti.

Persaingan memang akan selalu memakan korban, terutama di dunia IT dan gadget yang bergerak begitu cepat. Akankah nasib yang sama akan dialami merek-merek besar lainnya?

(sumber: Digitimes)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s