Raspberry Pi Foundation memperkenalkan sistem operasi PIXEL untuk PC dan Mac

boot-pixel

Raspberry Pi Foundation yang sudah terkenal berkat PC papan tunggal mini nya, kini mengumumkan bahwa sistem operasi milik mereka, Pixel, akan dapat dijalankan juga pada platform PC/Notebook (x86) serta Mac. Raspberry menyebutkan bahwa Pixel merupakan hasil pemikiran mereka mengenai apa yang diharapkan oleh seorang pengguna PC/Mac dari sebuah sistem operasi. Pixel dibuat dengan tampilan yang bersih, modern, serta dilengkapi dengan berbagai aplikasi produktifitas dan programming pilihan yang berkualitas. Dan karena Pixel mengambil basis Debian Linux, maka para penggunanya pun dapat memilih untuk menginstalasikan ribuan pilihan aplikasi yang tersedia di repositori Debian.

Keputusan Raspberry untuk merilis Pixel untuk PC dan Mac didasari atas keinginan mereka untuk memberikan sebuah platform sistem operasi yang simpel, ringan, dan handal, tanpa harus terlebih dahulu membeli hardware Raspberry Pi. Saat ini, sistem operasi Pixel masih ada dalam tahap pengujian (prototype release), sehingga hanya akan dapat dijalankan melalui DVD (dengan mem-burn imagenya) ataupun melalui sebuah bootable Flashdisk.

pixel-desktop

Tampilan desktop Raspberry Pixel

Dengan hadirnya Pixel pada PC dan Mac, Raspberry berharap bahwa hal ini juga akan mempermudah para murid di sekolah, dimana dengan menginstalasikan Pixel pada setiap PC/Mac di sekolah, para murid dapat belajar menggunakan aplikasi produktifitas dan programming yang sama dengan ketika mereka menggunakan hardware Raspberry Pi mereka di rumah. Tidak perlu lagi ada penyesuaian dan proses belajar baru, tugas-tugas sekolah yang mereka lakukan disana akan dapat berjalan sama persis pada platform Raspberry Pi mereka di rumah.

Para pemilik PC/Mac model lama dengan spesifikasi ‘jadul’ pun akan diuntungkan dengan hadirnya OS Pixel ini, karena Pixel dapat dijalankan pada platform PC/Mac dengan memori minimal sebesar 512 MB.

Untuk pembaca yang berminat untuk mencobanya, silahkan download Pixel disini. Perhatikan sekali lagi, bahwa ini merupakan rilis pengujian, jadi potensi masalah kompatibilitas masih ada. Sebelum mencoba sistem operasi ini, sebaiknya backup dulu data yang ada atau gunakan saja PC/Mac yang benar-benar sudah tidak terpakai lagi.

(sumber: Raspberry Pi Foundation)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s