Hanya dengan mengirimkan satu teks tertentu, aplikasi Messages pada iPhone akan dibuat bertekuk lutut

ios-10iOS lebih stabil, lebih aman? yup, secara umum mungkin demikian. Namun bukan berarti iOS pada iPhone dan iPad tidak memiliki celah keamanan. Setelah sebelumnya juga ditemukan masalah pada aplikasi Messages dimana dengan memutar video tertentu akan membuat iPhone menjadi hang, kini seseorang dengan nama akun YouTube “vincedes3” menemukan bahwa dengan mengirimkan sebuah pesan teks yang berisi VCF (Virtual Contact File) berukuran besar akan membuat aplikasi Messages pada iPhone dan iPad tidak berfungsi sama sekali, bahkan setelah melakukan restart berulang kali.

Tidak berfungsinya aplikasi Messages secara nyaris permanen ini disebabkan karena aplikasi Messages akan berusaha me-load teks yang berisi VCF tersebut berulang kali pada saat dinyalakan, hal ini membuat CPU pada iPhone dan iPad menjadi sangat sibuk sehingga terkadang juga menyebabkan seluruh aplikasi dan sistem operasinya berhenti berfungsi.

Apple belum mengeluarkan patch untuk menangani bug mengganggu Messages ini, namun untuk sementara waktu, jika pembaca memiliki iPhone yang terpengaruh masalah ini, beberapa cara dapat dilakukan, diantaranya:

  1. Mengklik tautan dari “Vincedes3” ini dan simpan teks tersebut pada perangkat yang dimiliki. Ini akan menghentikan looping yang terjadi pada Messages. Sayangnya tidak semua iPad dapat diperbaiki dengan cara ini.
  2. Cara kedua adalah dengan menggunakan fitur Siri untuk mengirimkan pesan kepada diri sendiri, dan mengklik teks yang muncul pada layar.
  3. Dan ketiga, dengan mengikuti cara yang lebih kompleks disini. Perhatian bahwa cara terakhir ini akan menghapus semua teks yang diterima selama 30 hari terakhir.

Video demonstrasi di bawah ini menunjukkan bagaimana proses pengiriman teks “sederhana” dapat melumpuhkan Messages:

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s