(Updated) Lebih cepat, lebih kecil, lebih irit daya: Qualcomm Snapdragon 835

sd835Melihat frekuensi Qualcomm dalam mengeluarkan produk-produk chipset terbarunya, kadang penulis tak habis pikir: kapan para engineer mereka tidur ya? Namun sepertinya itu terpaksa Qualcomm lakukan untuk selalu berada di lini terdepan dunia chipset yang begitu dinamis.

Malam tadi (WIB), Qualcomm memperkenalkan chipset terbarunya Snapdragon 835. Proses produksi chipset terbarunya ini akan dilakukan di fasilitas Samsung dengan menggunakan proses 10 nm. Dengan proses produksi yang lebih efisien ini, maka Snapdragon 835 akan memiliki performa 27% lebih cepat daripada generasi sebelumnya atau konsumsi daya yang  lebih irit sampai dengan 40%. Ukuran fisik Snapdragon 835 ini lebih kecil daripada Snapdragon 821 sehingga memungkinkan para produsen smartphone lebih bebas dalam mendesain produknya. Qualcomm menyebutkan bahwa dengan ukuran chipset yang lebih kecil, maka smartphone masa yang akan datang akan dapat memiliki profil yang lebih tipis ataupun ukuran baterai yang lebih besar.

Snapdragon 835 saat ini sudah mulai diproduksi masal, dan diharapkan akan digunakan pada jajaran smartphone high-end pada pertengahan tahun 2017 nanti.

Pada saat yang sama, Qualcomm juga mengumumkan teknologi Quick Charge 4.0 yang akan dipergunakan pada chipset Snapdragon 835. Seperti hal nya Quick Charge generasi sebelumnya, Quick Charge 4.0 dibuat dengan tujuan untuk mengisi baterai dengan waktu sesingkat mungkin namun tanpa mengesampingkan faktor keamanan dan keselamatan penggunanya. Qualcomm menyebutkan bahwa dengan Quick Charge 4.0, baterai sebuah smartphone yang diisi hanya dalam waktu 5 menit dapat dipergunakan untuk aktifitas berbicara selama paling tidak 5 jam, dan untuk mengisi baterai sampai dengan 50% kapasitasnya, hanya diperlukan waktu sekitar 15 menit atau kurang. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi mereka-mereka yang banyak melakukan perjalanan di luar kantor.

Kemampuan charge cepat dengan aman dapat direalisasikan berkat fitur INOV (Intelligent Negotiation for Optimum Voltage) yang dimiliki Quick Charge 4.0. Dengan algoritma canggih INOV, sebuah baterai dapat diisi pada level tercepat namun sambil tetap menjaga suhu aman dari baterai tersebut.

Quick Charge 4.0 disebut-sebut memiliki kecepatan charging sekitar 20% lebih cepat dibandingkan Quick Charge 3.0 dan juga mendukung standar USB Type-C dan USB PD (Power Delivery) sehingga menjadi kompatibel dengan standar yang diakui.

Update 4.1.2017: Spesifikasi chipset Qualcomm Snapdragon 835 kini semakin jelas. Snapdragon 835 merupakan chip dengan 8 buah core Kryo 280. Empat core pertama bekerja pada frekuensi penuh 2,45 GHz, sedangkan 4 core sisanya bekerja pada frekuensi lebih “santai” pada 1,8 GHz. Qualcomm menyatakan bahwa 80% waktu operasional sebuah smartphone ataupun tablet akan menggunakan 4-core yang berkecepatan lebih rendah. Chipset termuktahir Qualcomm ini hanya memerlukan daya listrik setengah dari apa yang diperlukan oleh Snapdragon 801 yang terkenal “temperamental” itu.

Snapdragon 835 mendukung kamera tunggal dengan resoluisi 32 MP atau kamera ganda dengan resolusi masing-masing 16 MP.

835

kyro280

(sumber: Qualcomm – Snapdragon 835 dan Qualcomm – Quick Charge 4.0, update: PhoneArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s