Hati-hati, aplikasi Super Mario Run palsu untuk Android beredar!

Suksesnya game Super Mario Run yang dibuat oleh Nintendo pada platform Apple iOS dimanfaatkan oleh para pembuat malware dengan membuat aplikasi yang “menyamar” sebagai Super Mario Run versi Android. Kenyataannya, saat ini aplikasi Super Mario Run belum tersedia di Google Play, yang sudah tersedia secara resmi hanyalah aplikasi pre-register yang akan memberikan notifikasi ketika game Super Mario Run asli sudah tersedia.

marcherAdalah Zscaler, sebuah firma keamanan data, yang pertama kali menemukan adanya aplikasi palsu Super Mario Run di Internet. Aplikasi ini menipu para pengguna smartphone Android, yang tidak sabar menunggu game yang asli, untuk menginstall game palsu ini melalui application store yang tidak resmi (bukan melalui Google Play).

Jika berhasil terpasang pada smartphone Android, game palsu ini akan menginstalasikan trojan Marcher yang akan mengincar data-data finansial seperti nomor akun bank, PIN, serta nomor kartu kredit beserta kode keamanannya. Data-data yang berhasil didapatkan akan dikirimkan ke server C&C (Command & Control) milik pembuat malware.

Jadi, untuk para penggemar game yang sudah tidak sabar untuk memainkan Super Mario Run pada smartphone Android-nya, sebaiknya menahan diri. Jangan pernah menginstalasikan game-game dari luar Google Play, walaupun sumber file game tersebut didapatkan dari teman dekat, saudara ataupun rekan kerja. Selalu download aplikasi dari sumber resminya.

Zscaler lebih lanjut menyebutkan bahwa metode pemalsuan aplikasi populer menjadi salah satu cara yang sering digunakan oleh para pembuat malware untuk menjebak para calon targetnya. Kepopuleran Pokemon Go pun pernah dimanfaatkan oleh malware Marcher untuk menginstalasikan dirinya ke banyak smartphone. Jadi sekali lagi, pembaca setia infonologi.com harus tetap waspada terhadap aplikasi yang didapatkan dari sumber yang tidak jelas.

Aplikasi Super Mario Run resmi di Google Play, masih berstatus Pre-register

Aplikasi Super Mario Run resmi di Google Play, masih berstatus Pre-register

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s