Asyik! Munculnya processor AMD Ryzen sudah semakin dekat.

Intel perlu mendapatkan kompetitor yang kuat! Mereka sudah terlalu lama mendominasi dunia processor PC, Notebook dan Server. Untungnya, melalui Ryzen, AMD sepertinya akan mampu memberikan satu-dua pukulan telak pada Intel.

Pada event CES 2017 yang baru saja berakhir. AMD mengumumkan bahwa beberapa vendor motherboard besar seperti Asus, Gigabyte, AsRock, MSI, dan Biostar sudah siap dengan produk-produk motherboard yang mendukung platform AM4 milik AMD Ryzen. Tidak kurang dari 16 model motherboard ditampilkan oleh AMD pada event CES kemarin.

Selain itu, beberapa perusahaan PC Desktop seperti Lenovo, HP, Dell, Maingear, iBuyPower, OriginPC, Mindfactory, serta CyberPowerPC juga menyatakan bahwa mereka sedang menyiapkan produk terbaru yang dilengkapi dengan processor AMD Ryzen yang sangat ditunggu-tunggu ini.

Untuk mendukung performa optimal dari Ryzen, AMD akan menyandingkannya dengan beberapa model chipset yang disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggannya. Terdapat 5 model chipset yang akan mendukung platform AM4, mulai dari chipset A300 untuk PC SFF (Small Form Factor, PC dengan ukuran kecil) sampai dengan chipset X370 untuk PC Desktop bagi para gamers, enthusiasts, dan pengguna professional.

Processor AMD Ryzen dan komponen pendukungnya akan hadir dalam 1-2 bulan ke depan ini. Yuk kita tunggu kiprahnya. Semoga semua janji-janji AMD mengenai performanya memang menjadi kenyataan. Intel sudah harus bangun dari tidur lama nya.

Informasi lengkap mengenai fitur-fitur dan positioning chipset terbaru dari AMD dapat dilihat pada tabel-tabel di bawah ini:

am4_platform_cpu

am4_platform_chipset

ryzen_chipsets

(sumber: TechReport)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s