[Updated] Penggemar merek Nokia, siap-siap menyambut smartphone mereka kembali tahun 2017 ini

Nokia sudah secara resmi mengumumkan kembalinya mereka ke kancah persaingan smartphone. Dimulai dengan smartphone entry-level Nokia 6 yang baru akan diluncurkan di China pada 19 Januari nanti, Nokia juga disebut-sebut akan meluncurkan Nokia 8 pada event MWC (Mobile World Congress) 2017 nanti.

Kehadiran Nokia ternyata cukup ditunggu para pemerhati smartphone di China, terbukti dengan terbukukannya 250 ribu pendaftar yang tertarik dengan Nokia 6, dalam waktu kurang dari 24 jam. Spesifikasi Nokia 6 memang tidak spesial, sudah pasti bukan yang tercepat, namun memang Nokia tidak memposisikannya sebagai smartphone flaghship, itu adalah tugas Nokia 8 nanti.

nokia-6

Nokia 6 – GSMArena

Nokia 6 merupakan smartphone entry-level yang memiliki spesifikasi yang cukup, dengan layar 5,5 inci, resolusi 1080 x 1920 pixels, memori RAM 4 GB, penyimpanan internal 64 GB, kamera utama 16 MP f/2.0 dengan dual-tone flash, serta kamera selfie 8 MP f/2.0. Kesemuannya ditenagai oleh processor Qualcomm Snapdragon 430 yang memiliki delapan buah core Cortex-A53 yang bekerja pada kecepatan 1,4 GHz. Baterainya lumayan besar, dengan kapasitas 3000 mAh yang dijanjikan mampu menyokong Nokia 6 selama paling tidak 1 hari penuh penggunaan.

Dengan harga sekitar US$ 250, Nokia 6 berpotensi menjadi hit. Pada awal peluncurannya nanti, Nokia 6 memang baru akan tersedia untuk pasar China, namun tidak terlalu lama setelah itu, Nokia juga akan secara resmi memperkenalkannya di berbagai belahan dunia lainnya.

Lalu, bagi pembaca yang lebih tertarik dengan kecepatan dan kecanggihan, mungkin rumor mengenai Nokia 8 akan menarik perhatian. Nokia 8 diberitakan akan diluncurkan bersamaan dengan event MWC 2017 yang berlangsung pada bulan Februari nanti. Beberapa foto bocorannya telah muncul di Internet, foto-foto ini didapatkan pada saat event CES 2017 yang telah berlalu di booth Qualcomm. Diperkirakan akan ada dua model Nokia 8 yang nanti diperkenalkan. Model tertinggi dilengkapi dengan Snapdragon 835 dengan memori RAM 6 GB dan kamera 24 MP yang dilengkapi dengan OIS dan EIS, sementara kamera selfienya merupakan kamera 12 MP. Carl-Zeiss dikabarkan akan digandeng kembali oleh Nokia untuk menyediakan lensa kameranya. Penyimpanan internalnya berkisar antara 64 GB dan 128 GB dengan opsi microSD yang tetap tersedia untuk ekspansi.

Nokia 8 yang lebih terjangkau diperkirakan akan dilengkapi dengan processor Snapdragon 821, dengan ukuran memori RAM 4 GB. Belum ada desas-desus lainnya mengenai spesifikasi kamera yang akan diusung Nokia 8 versi “lebih murah” ini.  Oh ya, jika ada pembaca yang belum tahu, Nokia memutuskan bahwa kini mereka akan menggunakan sistem operasi Android, jadi tidak perlu khawatir dengan kesediaan aplikasi dan ekosistem pada smartphone-smartphone Nokia nanti.

Apakah Nokia 8 ini akan benar-benar menjadi kenyataan? semoga saja. Pihak Nokia sendiri sempat mengatakan  bahwa mereka akan meluncurkan beberapa model smartphone tahun 2017 ini. Yuk kita tunggu saja dalam waktu kurang dari 1 bulan lagi. Semoga Nokia akan mendapatkan kesuksesan seperti sediakala.

Update 14.1.2017: Kabar yang sebelumnya beredar mengenai prototipe Nokia 8 yang terdapat di CES 2017 ternyata tidak benar. Namun bukan berarti bahwa smartphone Nokia 8 benar-benar tidak ada nantinya, karena memang Nokia sudah menyebutkan akan menelurkan beberapa model tahun 2017 ini. Yang ditegaskan tidak benar disini adalah beredarnya informasi di YouTube yang menyebutkan bahwa booth Qualcomm menampilkan prototipe Nokia 8.

(sumber: GSMArena – Nokia 6, GSMArena – Nokia 8, sumber update: Notebook Check)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s