Compulab IPC3, PC mini canggih tanpa kipas sama sekali

Beberapa jenis industri seringkali membutuhkan sebuah PC yang ringkas, tahan suhu panas, tidak bising, namun juga sangat handal. Keberadaan kipas biasanya diperlukan untuk mendinginkan komponen internal sebuah PC, namun sayangnya kipas justru seringkali juga menjadi point-of-failure, dimana kegagalan fungsi kipas karena panas ataupun umur pakai malah berimbas kepada kehandalan operasional PC yang berkurang.

Fanless PC, atau PC tanpa kipas aktif, bisa menjadi cara untuk menghindari itu, namun mendesain sebuah chassis PC yang mampu mendinginkan internal PC tanpa harus menggunakan kipas terbilang sangat sulit, maka itu jangan heran jika sebagian besar fanless PC menggunakan processor low-voltage yang memiliki performa yang lebih rendah dari PC standar.

compulab

Compulab, melalui mini PC barunya, IPC3, ternyata mampu mematahkan anggapan bahwa PC fanless itu pasti lebih lamban. Chassis Compulab IPC3 dibuat dengan bahan dasar alumunium dengan desain eksterior keseluruhan penuh dengan sirip-sirip (fins) yang mampu dengan cepat menyerap dan melepaskan panas internal tanpa ada ketergantungan terhadap kipas. Dengan desain unik dan diperhitungkan matang seperti ini, Compulab menyatakan bahwa mini PC ini dapat bekerja pada suhu ekstrim, dimana suhu eksternalnya dapat berkisar antara -40° sampai 70° C.

Hebatnya, spesifikasi internalnya pun tetap menggunakan komponen dengan performa yang sangat mumpuni. Sebuah processor Intel Core i5-7200U ataupun Core i7-7500U dapat dipilih untuk disandingkan dengan memori RAM sampai dengan 32 GB (DDR3L), SATA HDD 2,5″, dua buah mSATA drive serta satu buah drive M.2. Selain itu, konektifitas nya pun sangat lengkap, dengan Display Port 1.2, HDMI 1.4a, S/PDIF 7.1 channel audio, dua buah Gigabit LAN port, Wifi 802.11ac, Bluetooth 4.0, 4 buah USB 3.0 Tipe-A, serta 2 buah USB 2.0.

Harganya? jangan kaget jika harganya agak mahal karena kualitas memang tidaklah murah. Compulab IPC3 dihargai mulai US$ 693, dan sudah dapat di pre-order melalui situs Compulab.

Spesifikasi lengkap Compulab IPC3 dapat dilihat berikut ini:

CPU: Intel® Core™ i7-7500U Processor (4M Cache, up to 3.50 GHz) | Intel® Core™ i5-7200U Processor (3M Cache, up to 3.10 GHz)
RAM: Up to 32 GB DDR3L 1600 dual channel
Storage: Internal 2.5” HDD/SSD + 2x mSATA 6 Gbps + SATA M.2 2260
Display: DisplayPort 1.2 (4K@60 Hz) + HDMI 1.4a (4K@24 Hz)
Audio: S/PDIF 7.1 input/output + stereo line-out / MIC in
LAN: 2x Gbit Ethernet (Intel NICs)
WLAN: 802.11ac + Bluetooth 4.0, dual-antenna
Cellular communication: On-board uSIM socket and full-size miniPCIe for cellular modem
USB: 4x USB3 + 2x USB2
Serial: 3x RS232
Enclosure: Passively cooled die-cast aluminum
Dimensions: 16 cm x 19 cm x 4 cm ; 6.3” x 7.4”x 1.57”
Power consumption: 6W – 24W

(sumber: NotebookCheck)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s