Asus berhadapan dengan Raspberry Pi dengan Asus Tinker Board

Raspberry Pi saat ini menjadi nama pertama yang akan muncul di benak para hobbyist, pelajar, serta programmer yang senang mengutak-atik software dan hardware dengan komputer ringkas yang murah meriah. Komputer mereka memang bukan yang tercepat dan tercanggih, tapi terbilang sangat cukup untuk sekedar belajar programming dan memuaskan kepenasaran mengutak-ngatik hardware. Asus sepertinya melihat ini sebagai peluang besar. Sebagai salah satu produsen motherboard dan komponen komputer terbesar di dunia, Asus sudah pasti memiliki sumber daya yang lebih dari cukup untuk membuat komputer ringkas ala Raspberry Pi.

asus-tinker-2
asus-tinker-1

Melalui Asus Tinker Board, Asus kini memiliki sebuah komputer ringkas yang dapat dapat digunakan bagi para pelajar, hobbyist, programmer, bahkan sebagai papan utama sebuah perangkat IoT (Internet of Things). Asus Tinker Board memiliki bentuk dan layout yang sama dengan Raspberry Pi, namun dengan performa lebih cepat dan fitur yang lebih lengkap.

Dengan chipset 32-bit Rockchip 3288 yang memiliki 4 buah core Cortex-A17, Tinker Board mampu mendecode video H.264 dan HEVC dengan resolusi 2160p @ 60 fps. Ditambah lagi, memori nya lebih besar, dengan kapasitas RAM 2 GB, serta slot microSD UHS-I yang lebih cepat. Sebagai kelengkapan port, Tinker Board memiliki HDMI 2.0, Gigabit Ethernet, empat buah USB 2.0, serta 1 buah header 40-pin. Wifi 802.11ac dan Bluetooth 4.0 juga tidak lupa disematkan oleh Asus kepada produk barunya ini.

Harganya sedikit lebih mahal daripada Raspberry Pi namun masih terjangkau, dengan harga €65/£55. Sayangnya produk ini baru tersedia di Eropa sana. Kapan tersedia di Indonesia, Asus?

(sumber: GSMArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s