Chromebook yang diproduksi tahun ini akan mendukung aplikasi Android

Chrome OS yang diusung Google untuk notebook Chromebook sebetulnya bekerja cukup baik, hanya saja kurangnya dukungan developer menyebabkan platform ini agak miskin aplikasi. Namun tahun 2017 ini ada perubahan strategi yang dilakukan Google untuk memperbesar pangsa pasar Chromebook. Google menyatakan baru-baru ini bahwa semua Chromebook yang diproduksi pada tahun 2017 akan dapat menjalankan aplikasi Android melalui Google Play yang biasanya hanya tersedia bagi smartphone dan tablet.

chromebook

Chromebook dalam 1-2 tahun terakhir ini sebetulnya sudah mengalami peningkatan pangsa pasar, terutama karena Chromebook biasanya memiliki harga yang relatif jauh lebih murah dibandingkan dengan harga notebook reguler berbasis Windows, apalagi jika dibandingkan dengan sebuah MacBook. Chromebook memang hanya menyasar para pengguna yang tidak memerlukan aplikasi-aplikasi berat, sehingga spesifikasi hardwarenya pun cenderung masuk ke ranah low-end sampai mid-class.

Bagi sebagian pengguna notebook kelas berat dengan kebutuhan aplikasi yang banyak, keterbatasan jumlah aplikasi Chrome OS sudah tentu membuat mereka menjadi kurang produktif dibandingkan dengan menggunakan sebuah notebook reguler. Ditambah lagi dengan konsep Chromebook yang begitu mengandalkan konektifitas Internet untuk dapat menjalankan aplikasi-aplikasi Google yang semuanya berbasis browser. Untungnya, Google menyadari hal ini, dan sudah memutuskan untuk membuat aplikasi Android dapat diinstalasikan pada Chromebook melalui Google Play. Bagi para calon pembeli notebook, terutama para pelajar dan mahasiswa, hal ini menjadi berita menyenangkan, karena dalam waktu tidak terlalu lama lagi, kita akan dibanjiri dengan produk produk Chromebook yang berharga murah namun dengan jumlah aplikasi yang begitu banyak dan beragam.

Dengan keputusan Google seperti ini, akankah Chromebook meraih kesuksesan yang lebih besar? semoga saja. Untuk konsumen, semakin banyak pilihan akan semakin baik.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s