Japan Display Inc. (JDI) berhasil membuat layar LCD yang dapat dibuat melengkung

Layar dengan lengkungan? mungkin terkesan sudah biasa. Beberapa smartphone high-end yang beredar saat ini sudah mengadopsi layar dengan sisi yang melengkung. Namun jika diperhatikan lebih seksama, hanya smartphone yang berlayar jenis OLED yang dapat dibuat melengkung seperti itu, sementara harga OLED terbilang jauh lebih mahal dibandingkan dengan sebuah layar LCD biasa. Maka tidak heran jika sampai dengan saat ini, hanya smartphone kelas atas yang “berani” mengimplementasikan layar lengkung seperti ini.

Asyiknya, dalam beberapa saat kedepan mungkin situasinya akan berbeda setelah JDI mengumumkan bahwa mereka berhasil membuat panel LCD yang dapat dilengkungkan seperti halnya panel OLED. Layar lengkung LCD yang dibuat JDI berukuran 5.5 inci dengan resolusi 1080p. JDI memang mengakui bahwa panel nya tidak se-fleksibel dan setipis panel OLED, namun harganya akan jauh lebih terjangkau, sehingga diperkirakan pada tahun 2018 nanti, smartphone kelas menengah pun akan diramaikan dengan desain layar melengkung yang stylish.

flex-lcd

Untuk dapat membuatnya melengkung, JDI mengganti lapisan depan dan belakang LCD dengan lapisan plastik. Penggunaan lapisan plastik seperti ini menambahkan efek positif dimana layar LCD tipe ini tidak mudah retak ketika terjatuh dari ketinggian tertentu ataupun terbentur benda.

JDI lebih lanjut mengatakan bahwa mereka sudah digandeng oleh beberapa perusahaan yang berminat menggunakan layar LCD baru mereka ini pada produk-produk perusahaan tersebut. Apakah salah satu perusahaannya adalah Apple? bisa jadi, karena Apple memang sudah menjadi pelanggan lama dari JDI. Kita lihat saja nanti, semoga saja dalam waktu tidak terlalu lama akan muncul produk-produk berdesain layar yang lebih cantik namun dengan harga yang lebih wajar.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s