GMail akan mulai memblok JavaScript karena dianggap rentan dihinggapi malware

Google mengumumkan bahwa mulai 13 Februari 2017 nanti, GMail, layanan email mereka, akan mulai memblok file-file ber-ekstensi .js (JavaScript) dari email yang diterima ataupun dikirimkan melalui GMail.

gmail-blok-js

Hal ini terpaksa dilakukan karena Google mendeteksi adanya banyaknya celah keamanan pada JavaScript yang dimanfaatkan oleh para hacker untuk menjangkiti PC dengan malware. Seperti halnya Adobe Flash yang sudah lebih dahulu di-non-aktifkan oleh Google, JavaScript akhir-akhir ini menjadi media populer untuk menginfeksi PC dengan cara menyisipkan attachment file pada email yang disebarkan ke para pengguna komputer. Sayangnya, sebagian besar penerima email langsung membuka email dan attachment nya tanpa terlebih dahulu memeriksa sumber email tersebut. Kenyataan ini membuat Google berinisiatif untuk membatasi ruang gerak pada pembuat malware dengan memutus salah satu sarana penyebaran mereka.

Bagi para programmer yang nanti merasa kesulitan mengirimkan file-file JavaScript mereka untuk di-share, Google merekomendasikan agar mereka menggunakan layanan Google Drive ataupun sejenisnya.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s