Raybaby, perangkat pengawas bayi yang lebih canggih.

Perangkat pengawas bayi yang beredar saat ini kebanyakan hanyalah berupa perangkat kamera yang memiliki mikrofon dimana para orangtua dapat mengawasi bayi nya dari lokasi yang berbeda di rumah. Namun metode pengawasan seperti ini pun memerlukan perhatian penuh dari para orangtua, karena jika mereka lalai melihat monitor ataupun aplikasi pengawas, maka hal-hal yang tidak diinginkan masih sangat berpotensi terjadi.

Atas fakta itu, tiga orang bernama Nair, Poovaya, dan Kannan, membuat sebuah perangkat pengawas bayi yang memiliki fitur yang jauh lebih canggih yang dinamakan Raybaby. Sekilas bentuknya tidak terlalu berbeda, Raybaby juga memiliki sebuah kamera untuk mengawasi pergerakan bayi dan mengirimkannya ke aplikasi smartphone milik orangtuanya. Namun yang spesial dari perangkat ini adalah disematkannya teknologi radar yang mampu mendeteksi pergerakan kecil sekalipun. Dalam jarak 5 meter, perangkat ini mampu mendeteksi gerakan kecil walaupun sang bayi hanya bergeser kurang dari 1mm. Teknologi radar ini digunakan utamanya untuk mendeteksi kondisi pernapasan bayi. Hal ini sudah tentu sangat membantu orangtua yang khawatir akan kondisi pernafasan bayi kesayangannya, terutama untuk bayi-bayi yang terlahir secara prematur. Para pembuat Raybaby menyebutkan bahwa tingkat akurasi alatnya adalah sekitar 98,3 persen, belum sempurna namun jauh lebih aman jika dibandingkan perangkat pengawas bayi biasa yang mengandalkan penglihatan dan kejelian orangtuanya.

baby-monitor

Pada aplikasi smartphonenya, akan ditampilkan status tingkat pernapasan, kegiatan bayi, bahkan perubahan kondisi bayi yang mungkin mengalami demam ataupun sakit lainnya. Berbeda dengan perangkat pengawas bayi lain, Raybaby tidak secara konstan menampilkan live stream video, namun dengan aplikasi Artificial Intelligence nya, ia akan mendeteksi momen-momen spesial, seperti tersenyum, usaha untuk berdiri, berguling dan sebagainya untuk kemudian mengambil foto-foto yang dikirimkan ke smartphone orangtuanya.

baby-monitor-2

Raybaby belum dapat dibeli secara bebas, dan baru saja masuk kedalam program Kickstarter untuk pengumpulan dana produksi. Harga resminya nanti adalah sekitar US$ 250, namun jika pembaca menjadi salah satu donatur dana awal, maka dengan hanya US$ 99, pembaca akan mendapatkan produk Raybaby ini sekitar bulan September tahun ini. Johnson & Johnson Innovations juga merupakan salah satu investor produk Raybaby ini.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s