Symantec menemukan tiga malware di Google Play

Aplikasi Android yang tersedia di Google Play memang relatif aman karena Google telah menerapkan mekanisme pendeteksian malware yang cukup canggih. Namun tidak ada deteksi yang bekerja dengan 100% sempurna. Hal ini terbukti dengan ditemukannya (lagi) 3 malware di Google Play oleh Symantec.

Malware "Faster Charger" - foto: Symantec via Tom's Hardware

Malware “Faster Charger” – foto: Symantec via Tom’s Hardware

Symantec menyebutkan bahwa aplikasi Fast Charge 2017, Fast Charger X3 Free, dan Clear Master Boost and Clean merupakan sebuah malware yang tanpa seijin dan sepengetahuan pengguna smartphone  Android akan mengklik iklan-iklan di latar belakang untuk mendapatkan sejumlah uang dari provider iklan. Ketiga aplikasi diatas, masing-masing telah di-download mulai 5.000 sampai dengan 50.000 kali melalui Google Play, berarti cukup banyak pengguna yang saat ini berpotensi dijangkiti malware ini.

Malware ini ternyata pintar mengelabui pengguna smartphone, setelah proses instalasi selesai, ia akan menghapus nama dirinya dari layar utama, dan berjalan diam-diam sebagai sebuah proses bernama ‘android’ di latar belakang. Pengguna awam sudah tentu tidak akan menghentikan proses ‘android’ tersebut karena menyangka bahwa itu adalah bagian dari proses normal sistem operasi.

Jika pembaca merasa pernah menginstalasikan salah satu dari tiga aplikasi yang disebut di atas, gunakan aplikasi antivirus ataupun antimalware dari vendor terkenal untuk membantu menghilangkan aplikasi tersebut.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s