Google Brain menggunakan kecerdasan buatan untuk memperjelas foto yang buram

Google Brain memang belum secanggih apa yang sering digambarkan pada film-film fiksi dimana foto paling buram pun dapat dibuat jelas oleh aplikasi komputer tertentu, namun paling tidak, perkembangan menuju ke arah sana sudah mulai terlihat jelas.

Tim Google Brain sudah membuat sebuah sistem yang menggunakan neural networks atau kecerdasan buatan yang mampu “mengisi” detail-detail hilang pada foto buram dengan gambaran perkiraan berdasarkan algoritma tertentu. Hasilnya memang masih jauh dari kesempurnaan, tapi tetap terbilang mengagumkan, bagaimana tidak, sebuah foto dengan pixel berukuran 8×8 yang sangat tidak jelas dapat dibuat menjadi pixel berukuran 32×32 yang cukup dapat dikenali.

foto-jelas

Jika teknologi ini sudah semakin matang, terutama karena sistem kecerdasan buatan akan menjadi semakin pintar dengan berjalannya waktu, maka bukan tidak mungkin bahwa sistem Google Brain ini akan digunakan oleh para penegak hukum yang seringkali harus mengandalkan hasil gambar CCTV yang terbilang buram serta pada kondisi temaram. Kita lihat saja dalam waktu beberapa tahun mendatang, apakah teknologi yang diperkenalkan oleh film-film fiksi ini akan menjadi kenyataan.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s