Android Wear 2.0 akhirnya hadir

Para pembuat smartwatch mungkin sudah menanti dengan tidak sabar kehadiran sistem operasi Android Wear 2.0 ini, pasalnya Google sejak preview nya tahun lalu, menjanjikan begitu banyak perbaikan dan polesan pada sistem operasi smartwatch-nya tersebut.

android-wear-2

Fitur utama yang dikedepankan Google adalah perbaikan terhadap tampilan utama yang dapat dipersonalisasi dengan berbagai macam informasi dan interaksi dari beragam aplikasi yang terpasang. Google Calendar, Notes, stock exchange, aplikasi fitness, contacts, speed dial, Uber merupakan beberapa sampel aplikasi yang memanfaatkan fitur layar baru Android Wear 2.0. Beberapa tampilan muka jam dapat dipilih hanya dengan menyentuh layar dan menggeser jari ke arah kiri ataupun kanan (swipe), persis seperti yang kita lakukan pada layar smartphone Android.

Google Fit kini dilengkapi dengan fitur untuk mencatat kecepatan, jarak, jumlah kalori yang terbakar, serta frekuensi detak jantung ketika melakukan aktifitas olahraga. Begitupula aplikasi Messaging, dimana kini pengguna dapat dengan lebih mudah membaca dan menjawab pesan lengkap dengan emoji-emoji menarik.

Andalan pamungkas Google, Google Assistant juga hadir di Android Wear 2.0. Dengan Google Assistant, pengguna smartwatch dapat berinteraksi langsung dengan berbicara, termasuk untuk membalas pesan masuk dan mengirimkan pesan baru. Sayangnya Google Assistant yang terpasang baru tersedia untuk mereka yang berbahasa Inggris dan Jerman, namun Google mengatakan bahwa bahasa bahasa lain akan siap didukung dalam waktu beberapa bulan ke depan.

Oh ya, smartwatch berbasis Android Wear 2.0 ini juga nantinya akan memiliki kartu (micro)SIM sendiri, sehingga dapat dioperasikan terpisah dari smartphone. Berbagai aplikasi smartwatch juga dapat diinstall langsung dari Google Play khusus yang dirancang untuk kemudahan penggunaan pada smartwatch.

(sumber: PhoneArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s