AMD sedikit berbagi informasi detail mengenai processor Ryzen

PC dan Notebook dengan processor AMD Ryzen belum mulai bermunculan, namun paling tidak, pada event ISSCC, AMD sedikit membuka tabir karakteristik fisik processor terbarunya itu.

Baik Intel maupun AMD menggunakan proses fabrikasi 14nm pada processor terbarunya, processor Intel sudah tentu dibuat di pabrik milik Intel sendiri, sementara Ryzen dibuat oleh Samsung dan Global Foundries. Optimalisasi desain yang dilakukan AMD terhadap Ryzen membuatnya memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil daripada apa yang dicapai oleh Intel.

zen-vs-intel

Pada presentasi yang ditampilkan oleh AMD, dengan jumlah core yang sama-sama 4 core dengan 8 thread, area core processor Ryzen adalah sekitar 44 mm² sementara Intel 49 mm², padahal jumlah cache L2 yang diusung Ryzen berukuran 2 kali lebih besar daripada cache L2 pada Intel. Memang tidak disebutkan jelas pada presentasi tersebut apakah ukuran keseluruhan processor (setelah menggabungkan modul cache L3, Northbridge, Southbridge, PCIe Controllers, dll) akan tetap lebih kecil daripada sebuah processor Intel atau tidak, namun mengingat bahwa AMD selama bertahun-tahun terakhir ini tidak mampu menyaingi kepiawaian para desainer chip Intel, desain fresh processor Ryzen sepertinya membuktikan bahwa kini AMD pun mampu membuat Intel terpaksa berdiri dan memperhatikan mereka.

Sungguh penulis tidak sabar menanti kemunculan processor AMD Ryzen, jika AMD cermat memposisikan processornya dengan harga yang kompetitif dan performa yang paling tidak mendekati Intel. Maka 2017 akan menjadi tahun indah bagi AMD.

(sumber: PCPer)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s