Intel meluncurkan chip FPGA Cyclone 10

cyclone-10Pasar IoT yang begitu menggiurkan membuat Intel (setelah mengakusisi Altera) rajin menelurkan produk-produk chip baru yang hemat daya listrik namun ber-performa tinggi. Setelah tahun lalu Intel memperkenalkan chip FPGA Stratix, kali ini Intel mengedepankan chip FPGA yang diberi nama Cyclone 10. Target utama chip ini adalah pangsa pasar robotika, machine-vision, infotainment, sistem mobil otonom, serta auvio-visual.

Chip yang diproduksi oleh TSMC dengan proses 20nm ini dibagi menjadi dua tipe. Tipe pertama, GX, diposisikan untuk implementasi yang memerlukan chip performa tinggi, sedang tipe kedua, LP, untuk implementasi yang mengutamakan keiritan daya listrik.  Salah satu pasar yang diperkirakan akan menjadi sangat besar pada tahun-tahun mendatang adalah pasar sistem pengendalian mobil otonom. Partner dekat Intel, Micron, sudah menguasai sekitar 40% pasar memori penyimpanan pada mobil-mobil otonom, dan sepertinya Intel ingin juga menguasai pasar ini di sisi chip pemrosesnya (processor).

Cyclone 10 GX memiliki dukungan bandwidth I/O sebesar 10,3 Gbps serta DSP floating-point yang berstandar IEEE 745. DSP floating-point ini dapat memproses data single-precision dengan kecepatan sampai dengan 134 GFLOPs. Cyclone 10 GX memiliki kontroler memori DDR3/L EMIF serta mendukung OpenCL.

Untuk aplikasi sebagai kontroler motor, interface, sensor, serta ekspansi I/O, Cyclone 10 LP memiliki keunggulan dimana daya yang diperlukan untuk beroperasi sangat rendah, sekitar 50% lebih rendah dari generasi sebelumnya.

Generasi chip FPGA Cyclone 10 akan mulai tersedia pada paruh kedua tahun 2017 ini, dan bersamaan dengan itu, Intel juga merilis versi terbaru dari aplikasi pemrogramannya, Quartus.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s