Toshiba berpotensi menjual bisnis semikonduktornya

toshiba
Toshiba sedang dirundung beribu masalah. Selain karena bisnis elektronika-nya yang kian meredup, Toshiba juga mengalami kerugian besar akibat bisnis pembangkit listrik nuklir yang gagal ditambah dengan skandal-skandal internal yang menerpanya.

Sekitar 6,3 miliar dollar AS kerugian yang kini harus dihadapi Toshiba dan karena bisnis semikonduktor adalah satu dari sedikit bisnis Toshiba yang masih meraup untung, maka mau tidak mau divisi semikonduktor ini akan dikorbankan agar Toshiba terhindar dari kebangkrutan. Pada awalnya, Toshiba merencanakan akan menjual 20% saham divisi semikonduktornya kepada investor, namun angka tersebut tidak akan cukup untuk menutupi total kerugian. Dan karena fakta tersebut, beredar informasi bahwa Toshiba sedang mempertimbangkan untuk menjual mayoritas saham di divisi semikonduktornya.

Beberapa nama seperti Western Digital, Seagate, SK Hynix serta Micron disebut-sebut berpotensi membeli saham Toshiba Semiconductor. Toshiba adalah salah satu produsen semikonduktor terbesar di dunia, dan berita ini sedikit banyak mengejutkan para pebisnis semikonduktor karena jika Toshiba menjual bisnis nya kepada salah satu nama besar semikonduktor lainnya, maka peta kekuatan produsen semikonduktor di dunia akan berpotensi menjadi monopolistik atau paling tidak duopolistik.

Namun apapun yang terjadi, mari kita berharap bahwa nama Toshiba akan tetap eksis dan tidak menjadi korban lain kekejaman dunia bisnis.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s