Trojan XAgentOSX ditemukan pada Apple MacOS

macos-sierraPalo Alto Networks menemukan bahwa sebuah trojan bernama XAgentOSX mulai bermunculan pada komputer Mac keluaran Apple. Trojan ini mampu menyimpan hasil screenshot komputer, membuka file-file yang tersimpan, serta mengirimkan ketikkan keyboard pada server-server tertentu di Internet. Trojan sejenis yang bernama XAgent sebelumnya juga sempat menginfeksi komputer-komputer berbasis Windows, namun para pencipta trojan ini sepertinya penasaran dengan platform lain, dalam hal ini komputer Mac.

Palo Alto Networks juga mengingatkan para pengguna Mac bahwa platform komputer mereka tidak lagi dapat dianggap aman terhadap serangan serangan malware ataupun trojan seperti ini. Kepopuleran sisem operasi Windows yang memiliki user-base banyak mungkin menjadi titik awal para hacker untuk mencoba melakukan penetrasi, namun seiring dengan cukup banyaknya pengguna perangkat Apple, maka MacOS pun kini menjadi santapan yang sama menggiurkannya.  Kesimpulan yang diambil Palo Alto Networks ini juga diamini oleh Sophos, yang dalam konferensi RSA menyebutkan bahwa trend peningkatan serangan terhadap komputer Mac kini sudah semakin nyata. Beritanya mungkin tidak seheboh penyerangan pada platform Windows, namun tingkat kecanggihan malware-malware yang ditujukan pada sistem operasi Apple ini juga tidak kalah membuat repotnya.

Sudah saat nya kita pengguna PC, baik itu Windows maupun Mac, untuk lebih membuka mata dan buka wawasan. Serangan malware itu nyata, jangan pernah dianggap remeh, jangan sampai kita sempat dirugikan secara privacy ataupun finansial oleh malware-malware yang kini sepertinya semakin merajalela. Ingat, mencegah itu selalu lebih baik daripada memperbaiki.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s