Informasi chipset Pinecone milik Xiaomi bermunculan di Internet

Nama Xiaomi memang identik dengan produk-produk gadget dengan harga yang pas namun dengan kualitas yang cukup baik, namun karena masih menggunakan komponen utama dari pihak luar, maka harga yang dapat ditetapkan Xiaomi sudah pasti tidak se-fleksibel jika mereka menggunakan komponennya sendiri.

Xiaomi sepertinya sudah menyadari ini dan memiliki tekad kuat untuk mulai memproduksi berbagai macam komponennya sendiri. Salah satu komponen terbesar (dan termahal) dalam sebuah gadget biasanya adalah chipset yang digunakan. Sampai dengan saat ini, Xiaomi masih menggunakan chipset dari vendor eksternal seperti Qualcomm dan Mediatek, namun sejak beberapa saat yang lalu, beredar informasi bahwa diam-diam Xiaomi sedang menyiapkan chipset mereka sendiri yang diberi nama Pinecone.

pinecone

Kabar terakhir yang beredar di Internet menyebutkan bahwa akan ada dua versi chipset Pinecone, yang pertama, V970, dikabarkan akan diproduksi di pabrik Samsung dengan proses fabrikasi 10nm. V970 diperkirakan merupakan chipset dengan 8 buah core yang terdiri dari 4 core Cortex-A73 dan 4 core Cortex-A53. GPU nya disebut-sebut menggunakan Mali-G71 MP12.

Di sisi lain, chipset Pinecone V670 disebut merupakan chipset yang disiapkan Xiaomi untuk gadget-gadget yang lebih terjangkau, dengan jumlah core yang tetap 8 core, namun dengan 8 buah Cortex-A53 dimana 4 core pertama bekerja pada frekuensi lebih tinggi dari 4 core sisa-nya. Chipset V670 akan diproduksi dengan fabrikasi 28nm yang terbilang kuno, namun mungkin faktor biaya yang menjadi alasan Xiaomi untuk menggunakan fabrikasi 28nm ini.

Akankah chipset Pinecone ini menjadi kenyataan? dan apakah mereka akan sukses mendapatkan marketshare yang berarti? kita lihat saja sepak terjangnya nanti.

(sumber: GSMArena)

Iklan

4 respons untuk ‘Informasi chipset Pinecone milik Xiaomi bermunculan di Internet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s