BlackBerry KEYone sudah hadir!

Walaupun marketsharenya sudah terjun bebas, namun nama BlackBerry masih tetap berusaha menyeruak diantara merek-merek dominan smartphone dunia. Setelah beberapa kali menelurkan produk yang mendapatkan tanggapan ‘dingin’ dari para pemerhati smartphone, kini BlackBerry memiliki senjata baru untuk mencoba menjadi diperhitungkan kembali.

bb-keyone

BlackBerry KEYone, demikian nama smartphone terbaru BlackBerry yang diperkenalkan kemarin. Secara desain, KEYone memiliki fitur khas yang tidak dimiliki para pesaingnya, yaitu keyboard fisk. Keyboard fisiknya kini lebih modern karena dilengkapi dengan pemindai sidik jadi pada tombol spacebar dan seluruh permukaan keyboardnya dilengkapi sensor yang membuatnya sekaligus bertindak sebagai touchpad untuk menggerakan cursor.  Desain smartphone BlackBerry terbaru ini terlihat elegan dan serius dengan kombinasi warna hitam dan silver di tubuhnya. Bagian belakang KEYone memiliki tekstur soft-touch yang juga sangat khas dengan produk produk BlackBerry sebelumnya.

Layar 4,5 incinya, walaupun memiliki format dan resolusi yang tidak biasa, namun memberikan ketajaman gambar yang terbilang tinggi, dengan resolusi 1620 x 1080 pixels (434 PPI) dan 3:2 aspect ratio. Layarnya ini merupakan layar berteknologi LCD IPS yang dilengkapi dengan kaca Gorilla Glass 4.

Untuk para penggemar selfie dan berfoto ria, jangan khawatir, KEYone sudah dilengkapi dengan kamera selfie yang beresolusi 8 MP sementara kamera utamanya beresolusi 12 MP dengan ukuran pixel yang besar, 1,55 μm, dengan aperture F2.0 dan sensor Sony IMX378. Di atas kertas, spesifikasi kameranya menjanjikan hasil jepretan foto yang detail dengan kemampuan menangkap cahaya yang baik pada suasana temaram. Perekamnya mampu menangkap gambar bergerak 4K dengan kecepatan 30 FPS

Lalu bagaimana dengan bagian pemrosesnya? Qualcomm Snapdragon 625 ditunjuk sebagai otak dari KEYone. Chip kelas menengah keluaran Qualcomm ini memiliki 8 buah core Cortex-A53 yang bekerja pada frekuensi 2 GHz yang disandingkan dengan pemroses grafis Adreno 506. Snapdragon 625 dibuat dengan proses fabrikasi 14nm yang berarti dapat bekerja efisien untuk memaksimalkan daya tahan baterai.

Memori RAM yang diusung KEYone berukuran total 3 GB, sementara penyimpanannya internalnya berukuran hanya 32 GB, tidak terlalu besar, namun beruntung karena slot microSD yang dapat mendukung sampai dengan 2TB tetap tersedia.

Ukuran baterainya terbilang besar untuk sebuah BlackBerry, 3505 mAh. Dengan baterai sebesar ini, BlackBerry menjanjikan daya tahan baterai sampai dengan 2 hari penuh pada penggunaan normal. Teknologi Quick Charge 3.0 dari Qualcomm turut meramaikan fitur smartphone ini, sehingga proses charge dapat dilakukan dengan cepat.

Sistem operasi yang digunakan BlackBerry KEYone adalah Android 7.1 Nougat, namun karena komitmen BlackBerry terhadap keamanan softwarenya, mereka menjanjikan bahwa update dan patch rutin yang dikeluarkan oleh Google akan juga didistribusikan secara cepat oleh BlackBerry. Selain itu, BlackBerry juga menyertakan program keamanan tambahan yang memonitor dan melindungi data-data pribadi penggunanya.

Tertarik dan sudah tidak sabar menunggunya? siapkan dana sekitar US$ 549 (7,7 juta rupiah) untuk menebusnya. Harga tersebut memang masih merupakan harga di Amerika Serikat, belum diketahui harga pastinya di Indonesia nanti. Namun karena Indonesia merupakan pasar penting bagi BlackBerry, maka sudah sepatutnya jika kita mendapatkan harga yang lebih rendah atau paling tidak sama persis. Semoga KEYone akan menjadi langkah awal kesuksesan BlackBerry membalikkan nasibnya.

(sumber: GSMArena)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s