MediaTek Helio X30 sudah diproduksi masal, siap-siap menyambutnya pada kuartal kedua 2017.

Berita mengenai chip MediaTek Helio X30 sudah lama beredar, infonologi.com sudah pernah membahasnya beberapa waktu yang lalu. Tidak ingin tertimbun berita peluncuran Snapdragon 835 dan Exynos 8895, MediaTek kembali merilis press release dan video mengenai keunggulan chip mereka dibandingkan pesaingnya.

Helio X30

Satu hal yang pasti, jumlah core yang diusung Helio X30 lebih banyak daripada pesaingnya. Helio X30 memiliki 10 buah core yang terdiri dari 2 core Cortex-A73 (@ 2,5 GHz) untuk aplikasi yang memerlukan performa, 4 core Cortex-A53 (@ 2,2 GHz) untuk aplikasi standar, serta 4 core Cortex-A35 (@ 1,9 GHz) untuk aplikasi ringan di latar belakang. Sementara itu, MediaTek juga akhirnya merespons masukkan yang menyebutkan bahwa pemroses grafis pada chip Helio sebelumnya relatif lebih lambat dibandingkan pesaingnya. Kini Helio X30 menggunakan GPU yang didisain oleh Imagination Technologies, PowerVR Series 7XT. GPU PowerVR yang diusung ini memiliki kecepatan yang diklaim mencapai 2,4 kali lipat pemroses GPU Mali T880 MP4 pada Helio X20 sebelumnya. Sekedar informasi, GPU PowerVR adalah GPU yang digunakan oleh Apple pada jajaran smartphone iPhone nya, jadi, keputusan MediaTek untuk menggunakan GPU ini adalah keputusan yang sangat tepat untuk mensejajarkan  chip nya dengan para pesaing besarnya dari Qualcomm dan Samsung.

Modem yang terdapat dalam Helio X30 adalah modem Cat 10 LTE yang dapat mencapai kecepatan download 450 Mbps dan 150 Mbps upload. Sudah termasuk cepat walaupun belum mencapai angka teoritis 1 Gbps seperti pada pesaingnya. MediaTek sepertinya lebih realistis disini, karena saat ini dan beberapa waktu kedepan, belum ada satupun perusahaan komunikasi mobile yang sudah siap menyokong kecepatan 1 Gbps pada jaringan-jaringan mereka.

MediaTek Helio X30 memiliki performa sekitar 35 persen lebih baik daripada X20, namun karena chip ini dibuat dengan teknologi 10nm yang lebih efisien, maka penggunaan daya nya justru lebih irit 50 persen.

Dengan berbagai teknologi canggih yang dijejalkan pada Helio X30, akankah para pabrikan smartphone berbondong-bondong menggunakan chip ini? kita lihat saja nanti. Satu hal yang pasti, MediaTek saat ini sudah berbeda dengan di masa lalu, ia tidak lagi memposisikan dirinya sebagai perusahaan yang low-end dengan processor yang diidentikkan dengan lamban. MediaTek kini sudah pantas disejajarkan dengan nama-nama besar di dunia processor dan chip.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s