1 Juta informasi akun Yahoo dan GMail dijual di Internet

Seseorang dengan nama panggilan SunTzu583 menawarkan 1 juta lebih informasi akun Yahoo dan GMail di pasar gelap Internet. Dua daftar akun Yahoo yang masing-masing berisi sekitar 100 ribu dan 145 ribu informasi username dan password dijual dengan harga US$ 10,75 dan US$ 13,76. Yang mengagetkan, orang yang sama juga menjual dua paket informasi yang berisi username dan password para pengguna akun GMail. Ada dua paket yang ia jual, yang terdiri dari 500 ribu dan 450 ribu informasi akun, masing-masing dihargai US$ 28,24 dan US$25,74.


Temuan ini terbilang cukup mengagetkan, terutama yang terkait dengan informasi email GMail. Bukan apa-apa, GMail sebetulnya merupakan salah satu provider email yang paling aman di dunia namun mereka terpaksa bertekuk lutut jika para penggunanya secara ceroboh menggunakan username dan password yang sama pada beberapa akun di luar GMail.

Sebagian besar pengguna email cenderung malas jika harus mengingat username dan password yang berbeda untuk setiap akun internet mereka, dan justru inilah yang dimanfaatkan para hacker untuk dapat masuk ke berbagai penyedia email hanya dengan menghack salah satu provider yang memiliki sistem keamanan terlemah.

Bocornya informasi akun GMail membuktikan hal ini, GMail dirugikan karena pengguna layanan internet perusahaan lain menggunakan username dan password yang sama persis pada akun GMail mereka. Diduga bocornya akun GMail ini berasal dari hack yang dilakukan melalui BitCoin Security Forum, MySpace, Tumblr, Last.fm, 000webhost, Adobe, Dropbox, Flash Flash Revolution, LookBook, dan XBox360 ISO. Semua hack terjadi pada rentang waktu antara tahun 2010 sampai 2016 kemarin.


Situs hackread.com sudah mencoba memverifikasi data yang terdapat pada list yang dijual tersebut, dan mereka mendapatkan bahwa dari beberapa yang mereka telah coba ternyata usernamenya benar namun dengan password yang telah dirubah dan diblok. Walaupun begitu, patut diingat bahwa HackRead hanya mencoba beberapa sample data saja dari jutaan data yang tersedia, sehingga para pengguna email Yahoo dan Google sebaiknya segera melakukan perubahan password (lagi) untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan.

Hindari menggunakan username dan password yang sama persis pada beberapa akun internet seperti email, media sosial, dan lainnya. Cukup memusingkan untuk menghafal setiap akun memang, namun hal ini lebih baik untuk keamanan data pengguna.

(sumber: HackRead)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s