AMD bersiap menghadapi Intel di dunia Server dengan processor AMD Naples

Walaupun tidak begitu sukses di dunia PC Desktop, namun di dunia Server dan Data Center, AMD masih memiliki marketshare yang patut diperhitungkan. Kemunculan platform server berbasis Zen sudah pasti akan sangat membantu AMD menghadapi Intel karena marketshare AMD semakin tergerus oleh kedigdayaan Intel di pasar Data Center.

Mengikuti kesuksesan peluncuran AMD Ryzen di dunia PC Desktop, AMD kini  mengumumkan bahwa mereka memiliki platform pamungkas untuk pasar server yang akan secara resmi diluncurkan pada kuartal kedua tahun ini. AMD Naples, demikian nama kode produknya, merupakan SoC (System-on-a-Chip) yang memiliki 32 core yang mendukung 64 thread dengan dukungan memori teoritis sampai dengan 2 TB DDR4-2667. Naples juga memiliki 64 jalur PCIe 3.0 yang membuatnya semakin cocok dengan aplikasi-aplikasi HPC (High Performance Computing).

Platform AMD Naples akan tersedia dengan opsi 1 socket ataupun 2 socket, dimana dengan 2 socket maka berarti jumlah corenya menjadi 64 dengan 128 thread, 32 slot DDR4 DIMM dengan 16 memory channel, 128 jalur PCIe 3.0, dan interkoneksi AMD Infinity Fabric yang menghubungkan kedua SoC Naples tersebut.

Dengan spesifikasi yang menggiurkan ini, AMD mengklaim bahwa SoC mereka (Oh ya, AMD Naples patut disebut dengan istilah SoC karena sudah menginterasikan fungsi Northbridge dan Southbridge ke dalam satu paket chip), memiliki jumlah core 45% lebih banyak, bandwidth memori 122% lebih besar, dan jumlah I/O 60% lebih banyak daripada apa yang diusung processor sekelas dari Intel, yaitu Xeon E5-2699A V4.

Performanya pun tidak kalah mengagumkan, walaupun masih berupa klaim dari AMD, dimana pada beban aplikasi seismic analysis, AMD Naples bekerja sampai dengan 2,5x lebih cepat dibandingkan Intel Xeon E5-2699A V4. AMD lebih lanjut mengatakan bahwa processor (SoC) mereka ini cocok untuk berbagai komputasi seperti Artificial Intelligence, Scientific, dan Cloud Computing, terlebih jika digabungkan dengan kekuatan GPU Radeon Instinct.

Belum ada informasi harga resmi  dari AMD mengenai SoC terbaru mereka ini, namun jika menilik dari harga processor Ryzen dibandingkan dengan Intel Core, maka kemungkinan besar harga AMD Naples pun akan jauh lebih murah daripada apa yang ditawarkan Intel sekarang ini. Pemenangnya? sudah tentu konsumen, karena nantinya konsumen akan menikmati indahnya persaingan ketat Intel-AMD dengan harga yang terjangkau.

(sumber: PCPer)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s