Chip server Qualcomm, Centriq 2400, mulai digunakan oleh Data Center Microsoft

Bulan Desember 2016 yang lalu, Qualcomm mengumumkan chip ARM kelas servernya ke publik. Dengan jumlah core yang mencapai 48 core dan proses fabrikasi 10nm yang sangat efisien, Qualcomm terbilang cukup pede bahwa processor berbasis ARMv8 nya ini akan menuai sukses di pasar Server dan Data Center yang semakin memperhatikan penggunaan daya listrik.

Chip berbasis ARM memang sangat terkenal irit daya jika dibandingkan dengan kompetitor dari Intel dan AMD, dan hal inilah yang membuatnya banyak diguanakan pada smartphone, tablet, dan gadget lainnya. Qualcomm menyadari hal ini, dan menggabungkan beberapa core ARM (sampai dengan 48 core) ke dalam satu paket chip yang diperuntukkan bagi aplikasi-aplikasi berat Data Center. Qualcomm menamakan chip server nya sebagai Centriq 2400.

Belum ada perbandingan jelas mengenai performa yang dapat dicapai Centriq 2400 jika dibandingkan dengan chip server Intel Xeon (atau AMD Naples nanti), namun sepertinya Qualcomm sudah dapat tersenyum karena ternyata Microsoft tertarik untuk mencoba server berbasis Centriq 2400 pada Data Center mereka.

Microsoft memang terbilang sudah dekat dengan Qualcomm karena keduanya sedang berkolaborasi untuk membuat software Windows 10 dan Windows Server dapat berjalan dengan lancar pada platform chip berbasis ARM. Digunakannya server berbasis Centriq 2400 sudah pasti akan sangat membantu proses akselerasi pencapaian target mereka berdua.

Akankah Qualcomm berhasil mengurangi dominasi chip server berbasis x86 yang diusung Intel dan AMD? kita lihat saja nanti. Namun yang jelas, usaha Qualcomm untuk merangsek ke pasar server sudah tentu membuat Intel dan AMD terus berinovasi membuat chip-chipnya lebih irit daya tanpa mengorbankan performa.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s