Mediatek dan TSMC bersiap memproduksi chip 12-core untuk smartphone?

Jika pembaca berpikir bahwa processor 10-core Helio X20, X25, dan X30 sudah berlebihan, tunggu sampai pembaca melihat ini. Mediatek dan TSMC dikabarkan sedang dalam tahap uji coba produksi chip terbaru Mediatek yang memiliki 12 buah core di dalamnya. Ya, 12-core.

Dengan menggandeng TSMC, chip 12-core Mediatek ini akan menggunakan proses produksi 7nm yang sangat efisien. Mediatek sampai saat ini memang selalu menggunakan desain chip yang berbeda dari vendor lain pada umum nya. Mediatek Helio seri X menggunakan desain core banyak yang terbagi dalam tiga cluster, dimana cluster pertama ditujukan untuk aplikasi yang memerlukan performa tinggi, cluster kedua untuk aplikasi standar, dan cluster ketiga untuk aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan penggunaan daya seirit mungkin. Desain ini berbeda dari kebanyakan vendor lain seperti Qualcomm dan Samsung, yang menggunakan desain dua cluster.

Secara performa, sampai dengan saat ini, memang produk Qualcomm dan Samsung bekerja lebih cepat dari apa yang dicapai Helio seri X, kemungkinan besar karena baik Qualcomm dan Samsung menggunakan desain chip ARM yang telah dimodifikasi in-house, sementara MediaTek biasanya menggunakan desain chip ARM tanpa modifikasi. Namun keputusan MediaTek untuk menggunakan desain dasar ARM justru berimbas positif terhadap harganya yang lebih murah dibandingkan produk Qualcomm dan Samsung.

Selain mengembangkan chip 12-core ini, MediaTek dan TSMC saat ini juga sedang memproduksi chip 10-core Helio X30 milik MediaTek yang disebut-sebut sangat cocok untuk smartphone high-end dengan harga terjangkau. Chip X30 ini dikembangkan dengan proses produksi 10nm, yang berarti sejajar dengan teknologi yg digunakan pada Snapdragon 835 dan Exynos 8895.

Produk-produk terbaru MediaTek, seperti Helio X30, dan chip 12-core ini mungkin akan merubah peta kekuatan marketshare chip untuk smartphone dan tablet, karena sejak Helio X30, MediaTek sepertinya dapat mengejar ketinggalannya dalam hal performa, terutama yang berkaitan dengan performa grafis. Siapa yang tidak suka dengan performa tinggi namun harga yang murah?

(sumber: Phonearena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s