WhatsApp dan Telegram versi Web sempat menjadi sasaran para hacker

Check Point, sebuah firma keamanan data, menemukan bahwa aplikasi WhatsApp dan Telegram versi Web ternyata sempat memiliki celah keamanan yang cukup berbahaya, dimana hanya dengan mengirimkan sebuah pesan yang berisi gambar yang  jika diklik oleh penerimanya, maka sang hacker dapat mengambil data-data penting akun penggunanya, seperti informasi akun, foto-foto, file, contact list, dan isi dari chat yang dilakukan.

Ini cukup mengkhawatirkan, karena dengan metode penyebaran seperti ini, proses enkripsi yang digunakan oleh WhatsApp dan Telegram pada setiap chat justru membuat kedua perusahaan tersebut tidak dapat mendeteksi pengiriman file ataupun gambar yang terdapat kode malware di dalamnya. Terlebih, jika seorang hacker sudah berhasil menginfeksi akun WhatsApp dan Telegram seorang pengguna, maka ia dapat mengirimkan malware sejenis kepada teman dan rekan sang korban melalui contact list yang sudah dikuasainya. Untungnya, untuk saat ini, pengguna WhatsApp dan Telegram tidak perlu khawatir lagi, karena Check Point sudah menginformasikan celah keamanan ini kepada kedua perusahaan tersebut, dan kedua nya sudah melakukan perbaikan terhadap aplikasi web mereka.

Sumber: Check Point

Walaupun celah keamanan ini sudah diperbaiki oleh WhatsApp dan Telegram, namun Check Point menambahkan bahwa sudah sepatutnya para pengguna chat sejenis untuk selalu waspada, jangan terlalu mudah terjebak untuk mengklik tautan ataupun gambar-gambar yang tidak jelas sumbernya, sebaiknya juga pengguna versi web rutin me-logout koneksi chat via komputer dengan metode yang disediakan oleh aplikasi yang terdapat pada smartphone.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s