Pada event Pwn2Own 2017, Microsoft Edge menjadi browser paling sering di-hack

Event rutin Pwn2Own merupakan event dimana pada peneliti keamanan berkumpul untuk mencoba meng-hack beberapa produk software terkenal dan menginformasikan bugs ataupun celah keamanan pada software tersebut kepada pembuatnya untuk segera diperbaiki.

Hadiah puluhan ribu bahkan ratusan ribu dollar diberikan oleh para sponsor (yang seringkali para pembuat software yang di-hack itu sendiri) sebagai insentif bagi para peneliti keamanan untuk secara jeli menemukan celah-celah keamanan berbahaya.

Tahun 2017 ini, Pwn2Own, menghadirkan beberapa software browser internet yang ternama, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Apple Safari, serta Microsoft Edge untuk dicoba di-hack. Hasilnya terbilang mengejutkan, karena ternyata Mirosoft Edge menjadi browser yang paling sering di-hack. Dalam event yang berlangsung dua hari, Microsoft Edge berhasil di-hack tidak kurang dari 5 kali. Ini sudah tentu menjadi pukulan bagi Microsoft, karena mereka sendiri sudah mempromosikan Edge sebagai browser yang benar-benar baru yang didisain dengan keamanan sebagai prioritas utama. Memang, hal ini bisa terjadi juga karena para peneliti keamanan di Pwn2Own memang menaruh perhatian lebih pada Edge, sehingga sebagian besar peserta meluangkan waktu lebih untuk meng-hack produk browser Microsoft tersebut. Namun apapun alasannya, Microsoft harus kembali berbenah. Celah keamanan yang ditemukan para peneliti harus segera diperbaiki.

Bagaimana dengan browser lainnya? Apple Safari berhasil di-hack sebanyak 3 kali, Firefox 1 kali, dan Chrome tidak berhasil di-hack. Tapi pengguna Firefox dan Chrome jangan berbangga hati terlebih dahulu, karena tahun ini sepertinya para peneliti keamanan tidak banyak mencurahkan perhatiannya pada Firefox dan Safari, ini terlihat dari jumlah usaha hack terhadap kedua produk browser tersebut yang hanya 2 kali pada Firefox dan 1 kali pada Chrome. Jadi jangan dahulu menyimpulkan bahwa Microsoft Edge adalah yang paling rentan.

Kesalahan pemrograman yang menyebabkan adanya celah keamanan adalah hal yang manusiawi, tidak ada produk yang sempurna, namun mendiamkan produk cacat tanpa ada usaha memperbaikinya bukan tindakan yang bijak. Selalu update software yang pembaca gunakan dengan patch terbaru untuk membuatnya lebih aman dan lebih nyaman digunakan.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s