Di tahun 2016, sekitar 50% perangkat yang menggunakan sistem operasi Android tidak pernah di-update

Android Nougat

Google merilis dokumen review tahunan baru-baru ini. Sebagian besar hasil laporannya positif, dimana Google menyatakan bahwa pada tahun 2016 yang lalu mereka berhasil menghentikan penyebaran aplikasi berbahaya pada Google Play. Namun di sisi lain, laporan tersebut juga menguak fakta bahwa selama tahun 2016, hanya sekitar 50% perangkat yang menggunakan sistem operasi Android yang pernah melakukan platform security update. Ini berarti ratusan juta smartphone dan tablet di luar sana tidak pernah di-update oleh para penggunanya.

Memang hal ini tidak mutlak menjadi kesalahan Google, karena Google sendiri sudah secara rutin mengeluarkan update dan patch yang terkait dengan keamanan dan kestabilan sistem. Justru para vendor atau produsenlah yang menjadi titik lemah disini. Tidak semua vendor berupaya maksimal merilis update untuk sistem operasi Android yang telah dimodifikasinya. Kenyataan ini, ditambah dengan malasnya banyak pengguna smartphone dan tablet untuk mengupdate Android-nya menjadi sasaran empuk para pembuat malware.

Pada laporan yang sama, Google menyebutkan beberapa perangkat Android yang paling sering menerima update/patch diantaranya adalah:  Google Pixel, Google Pixel XL, Motorola Moto Z Droid, Oppo A33W, Nexus 6P, Nexus 5X, Nexus 6, OnePlus 3, Samsung Galaxy S7, Asus Zenfone 3, bq Aquarius M5, Nexus 5, Vivo V3Max, LG V20, dan Sony Xperia X Compact. Disini terlihat bahwa dalam jajaran produk dari satu vendor pun, tidak semua produk mendapatkan perlakuan update yang sama. Satu produk mungkin sering mendapatkan update namun produk lainnya tidak.

Usaha Google patut diapresiasi, mereka telah berupaya keras untuk membuat platformnya lebih aman, namun para vendor pembuat gadget pun harus membantu Google, karena pada akhirnya merekalah yang memiliki akses langsung terhadap produk-produk yang mereka jual. Tahun 2016 yang lalu sudah menunjukkan perbaikan, beberapa vendor besar sudah mulai memiliki komitmen untuk merilis update software yang lebih cepat dan lebih rutin, namun semoga sinyal positif ini tetap berlanjut di tahun 2017 dan tahun-tahun mendatang.

(sumber: Tom’s Hardware dan Phone Arena)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s