Dokumen baru WikiLeaks menyebut bahwa CIA memiliki berbagai tools untuk meng-hack Apple Mac

Apple Logo

Apple Mac dengan sistem operasi OS X (sekarang Mac OS) memang relatif lebih aman, namun hal tersebut sepertinya tidak menghentikan upaya hacker (dan agen pemerintah) untuk mencari celah keamanan yang dapat membuat mereka mampu menyusupi perangkat Mac yang menjadi target.

Dokumen terakhir WikiLeaks, yang masih terkait dengan Vault 7, menyebutkan secara detail bahwa CIA memiliki berbagai cara untuk dapat masuk dan menginfeksi komputer Apple Mac. Dengan sebuah dongle yang telah dimodikasi yang berisi aplikasi Sonic Screwdriver, CIA dapat masuk dan menaruh program pada sebuah Mac walaupun komputer tersebut terkunci password. Dongle yang digunakan salah satunya dapat disamarkan sebagai adapter Thunderbolt-to-Ethernet. Ini sedikit mengkhawatirkan, karena pemilik Mac versi terbaru justru berpotensi membeli dongle seperti itu karena berkurangnya port fisik yang disediakan Apple.

Ada juga sebuah informasi mengenai “Dark Matter”, yang diantaranya berisi informasi tentang bagaimana mereka dapat menginfeksi komputer Mac secara semi-permanen, dimana prosedur install ulang sistem operasi pun tidak akan menghilangkan infeksi malware.

WikiLeaks lebih lanjut mengatakan bahwa sebagian besar “serangan” yang dilakukan CIA memang melibatkan pendekatan fisik terhadap perangkat spesifik yang menjadi target, namun WikiLeaks juga menyebutkan bahwa tidak tertutup kemungkinan “serangan” dilakukan CIA dengan cara menginfeksi perangkat pada jalur distribusi perangkat tersebut.

Beberapa dokumen yang dirilis memang merupakan dokumen lama, namun WikiLeaks juga menyebutkan bahwa CIA terindikasi masih menggunakan dan mengupdate beberapa dokumen tersebut. Jadi, benar-benar aman kah kita?

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s