Intel menyebutkan bahwa teknologi fabrikasi 10nm miliknya lebih canggih dari pesaingnya

Intel kalah cepat dalam memperkenalkan teknologi manufaktur chip 10 nm? uhm, mungkin sekilas sepertinya begitu. Namun Intel mengatakan T I D A K. Intel menyebutkan bahwa teknologi manufaktur 10 nm miliknya berbeda dengan para pesaingnya, dimana dengan teknologi mereka mampu memampatkan dua kali lebih banyak transistor melalui Hyper Scaling. Jadi, walaupun secara timing memang Samsung dan TSMC terlihat menang langkah, Intel bersikukuh bahwa proses produksi mereka lebih sempurna.

Dengan manufaktur 10 nm yang rencananya akan dipergunakan pada processor Cannon Lake pada akhir 2017, Intel mengklaim bahwa performa processor tersebut akan meningkat sampai dengan 25% namun dengan penggunaan daya yang lebih irit sampai dengan 45% dibandingkan dengan processor Kaby Lake yang saat ini beredar.

Dalam presentasinya Intel juga memaparkan bahwa mereka akan tetap menyempurnakan proses 10 nm (yang mereka sebut dengan 10+ dan 10++) sebelum akhirnya terjun ke proses 7 nm.

Perlombaan menuju proses fabrikasi yang lebih padat memang menarik untuk diikuti, namun jangan sampai perlombaan ini menjadi perlombaan angka seperti hal nya GHz dan Megapixel. Kita harus tahu dan harus sadar bahwa angka bukan segalanya. GHz tertinggi tidak menjamin performa tercepat dan Megapixel tertinggi tidak menjamin kualitas foto terbaik.

(Sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s