Standar RAM masa depan, DDR5, akan memiliki kecepatan dua kali lebih cepat dibandingkan DDR4

JEDEC, organisasi yang menentukan standarisasi memori RAM menyatakan bahwa mereka saat ini sedang dalam proses menentukan spesifikasi desain DDR5, teknologi RAM generasi masa depan penerus DDR4 yang digunakan saat ini.

DDR5 disebut-sebut memiliki besaran bandwidth 2 kali lebih lebar dibandingkan dengan DDR4, dengan tingkat densitas yang juga berlipat ganda. Kedua fitur ini akan meningkatkan performa channel gabungan sambil juga meningkatkan tingkat efisiensi penggunaan daya listrik. DDR5 diperkirakan akan hadir untuk PC dan Laptop high-end terlebih dahulu sebelum akhirnya banyak digunakan oleh platform PC lainnya.

Standard DDR5 diperkirakan baru akan selesai dan dipublikasikan pada tahun 2018, sehingga jangan berharap bahwa memori RAM DDR5 akan langsung bermunculan setelahnya. Di sisi lainnya, kini Intel pun memiliki teknologi yang mungkin akan bersinggungan dengan DDR5 yaitu Intel Optane. Apakah kedua teknologi ini nantinya akan saling bersaing? atau justru saling mendukung? kita lihat saja nanti perkembangannya.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s