Apple dikabarkan akan menggunakan prosesor grafis nya sendiri mulai tahun depan

Apple iPhone dan iPad sampai dengan saat ini masih menduduki tahta tertinggi performa CPU dan GPU jika dibandingkan dengan para pesaingnya dari kubu Android. Salah satu hal yang mendukung itu adalah digunakannya GPU (prosesor grafis) PowerVR dari Imagination Technologies. Namun bukan Apple namanya jika mudah berpuas diri dengan performa yang didapat, Apple secara resmi memutuskan bahwa dalam 1-2 tahun mendatang, mereka akan menggunakan teknologi GPU nya sendiri yang berarti menghentikan kerjasamanya dengan Imagination Technologies.

Kabar penghentian kerjasama ini sudah tentu menghantam nilai saham Imagination Technologies yang mengalami penurunan drastis 67%. Apple merupakan pelanggan terbesar Imagination saat ini, dan keputusan Apple untuk menghentikan kerjasama membebankan Imagination untuk mencari pelanggan lain dengan nilai order yang dapat menyamai Apple dalam 1-2 tahun mendatang. Beberapa vendor chip smartphone, seperti MediaTek, dikabarkan akan menggunakan teknologi GPU PowerVR dari Imagination, namun itu belum cukup untuk menggantikan posisi Apple yang begitu dominan.

Dalam pernyataan terpisah, Imagination Technologies menyebutkan bahwa hampir tidak mungkin sebuah desain GPU baru (yang dibuat Apple) tidak menggunakan teknologi eksisting mereka yang sudah dipatenkan. Apakah ini mengindikasikan rencana Imagination Technologies untuk menuntut Apple ke pengadilan? Kita lihat saja nanti. Namun Apple sepertinya tidak akan gentar dan akan menghadapinya jika tuntutan benar-benar terjadi. Di sisi lain, akan bertahankah Imagination Technologies dalam proses pengadilan yang banyak menghabiskan waktu, tenaga, pikiran, dan biaya?

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s