Tizen OS dinyatakan memiliki begitu banyak celah keamanan yang membahayakan

Seorang peneliti keamanan yang berbicara di event Kaspersky Security Analyst Summit, Amihai Neiderman, menyebutkan bahwa Tizen OS memiliki paling tidak 40 celah keamanan berbahaya yang membuatnya sangat rentan dihack.

Amihai bahkan lebih lanjut mengatakan bahwa pemrograman yang dilakukan pada Tizen OS sebagai yang terburuk yang pernah ia liat. Semua perangkat pintar yang terinstalasi Tizen OS akan berpotensi dihack, namun perangkat Smart TV lah yang dinyatakan paling rentan. Modul TizenStore sebagai modul yang memiliki tingkat akses tertinggi ternyata relatif mudah untuk diserang, sehingga hacker yang berhasil masuk dapat menginstalasikan aplikasi aplikasi berbahaya di dalamnya.

Salah satu penyebab rentannya Tizen OS adalah karena digunakannya kode-kode program lama yang diambil dari proyek sebelumnya Bada OS, selain itu, banyak juga celah celah keamanan lain yang ditemukan berasal dari kode program yang dibuat dalam waktu 2 tahun terakhir ini.

Samsung adalah salah satu pendukung utama Tizen OS, dan mereka sudah mulai mengimplementasikannya pada Smart TV, Smartwatch, Smartphone serta berbagai perangkat elektronik lainnya. Amihai merekomendasikan Samsung untuk menahan implementasi Tizen OS sampai dengan diperbaikinya celah keamanan yang ada.

Secara terpisah Amihai Neiderman juga sudah menghubungi Samsung beberapa bulan yang lalu mengenai hal ini, namun belum mendapatkan jawaban memuaskan dari pihak Samsung. Dalam hal ini Samsung sebetulnya terbilang cukup beruntung, popularitas Tizen OS sampai dengan saat ini masih sangat terbatas, dan itu pulalah yang membuat kerentanan ini tidak berimplikasi terlalu besar terhadap Samsung. Bayangkan jika Tizen OS sudah terpasang pada puluhan atau ratusan juta perangkat, bukan tidak mungkin akan berpotensi merusak nama baik Samsung secara permanen.

(sumber: TheInquirer)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s