Microsoft XBox “Project Scorpio” menjanjikan game 4K yang memukau

Microsoft akhirnya membuka selubung penutup proyek game console terbarunya “Project Scorpio”. Dengan target gaming 4K dengan performa minimal 60 fps, sudah pasti spesifikasi yang menyertainya haruslah terbilang high-end. Di dalam XBox generasi selanjutnya ini, Microsoft menyematkan sebuah processor 8-core x86 yang didesain secara custom, sebuah desain yang tidak mengacu kepada AMD Jaguar generasi lama namun tidak juga mengacu kepada AMD Ryzen yang baru diluncurkan. Kecepatannya menyentuh angka 2,3 GHz dengan GPU internal 40 compute-units yang bekerja pada frekuensi 1172 MHz — sebuah angka yang tinggi jika dibandingkan dengan GPU pada XBox One S ataupun Playstation 4 Pro.

 

 

 

 

 

 

 

 

Memori RAM yang digunakan merupakan memori GDDR5 berukuran 12 GB, sementara untuk media penyimpanan, Microsoft akan menyertakan hard disk berukuran 1 TB dan sebuah drive Blu-Ray UHD 4K.

Microsoft sempat mendemokan kedigdayaan console terbarunya dengan menjalankan game Forza Motorsport pada resolusi 4K dengan fps yang relatif konstan 60 fps. Jika konsistensi performa ini berlaku untuk semua game-game yang akan dirilis, maka PS4 Pro harus khawatir. PS4 Pro tidak benar-benar mendukung game 4K, yang ia lakukan adalah melakukan upscale untuk mengisi pixel-pixel pada TV 4K, padahal game-game nya sendiri bukan merupakan game 4K.

Selain mengandalkan resolusi halus dan performa mapan, XBox “Project Scorpio” juga akan dilengkapi dengan dukungan audio Dolby Atmos dan VR (Virtual Reality). Sayangnya, karena masih dalam proses development, Microsoft belum menentukan kapan waktu pasti dan harga dari console nya ini. Yang jelas, target peluncuran produk ini adalah sebelum akhir tahun 2017 nanti, dengan harga yang diperkirakan mencapai US$ 499.

Apakah console terbaru Microsoft ini akhirnya dapat merebut tahta penjualan PS4? belum tentu, namun paling tidak kini Microsoft memiliki senjata tambahan untuk melawan PS4 Pro. Dukungan para pembuat game untuk memanfaatkan spesifikasi canggih XBox “Project Scorpio” sudah tentu sangat diperlukan. Kita lihat saja pada peluncuran resminya nanti, jika game-game 4K nya sudah banyak siap, maka potensi kesuksesan console generasi terbaru Microsoft sudah di depan mata.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s