Layar OLED fleksibel akan lebih tahan gores dengan graphene

Teknologi layar OLED yang fleksibel sudah didemonstrasikan baik oleh LG maupun oleh Samsung. Namun untuk menjadikan layar fleksibel tersebut masuk ke jalur produksi masih memerlukan waktu lebih lama lagi. Layar OLED fleksibel yang ada saat ini masih memiliki kelemahan mendasar, daya tahannya terhadap benturan dan goresan terbilang payah. Namun sepertinya dalam waktu tidak terlalu lama, kelemahan ini akan segera terselesaikan.

Para peneliti LG di Korea Selatan telah menemukan bahwa dengan menggunakan bahan graphene sebagai elektroda panel layar OLED nya maka layar tersebut akan lebih tahan benturan tanpa harus mengorbankan fleksibilitasnya. Hasil penelitian ini menjanjikan terbuka nya keran kreatifitas para desainer gadget. Bukan tidak mungkin, melalui penemuan ini, sebuah gadget dapat dibentuk berupa gelang ataupun menjadi satu dengan pakaian yang digunakan. Dan karena teknik yang sama dapat diimplementasikan pada layar layar OLED berukuran besar, bentuk TV masa depan pun sepertinya dapat akan semakin beragam.

Para peneliti berharap bahwa penemuan baru mereka ini dapat dikomersialisasikan dalam waktu 5 tahun ke depan. Semoga saja segera terwujud.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s