Segera update aplikasi Microsoft Office untuk menghindari malware

Bersamaan dengan tersedia nya update Windows 10 Creators Update hari ini, Microsoft juga menyediakan update penting untuk aplikasi Office nya. Update Office ini selain untuk memperbaiki beberapa bugs, namun juga untuk menutup celah keamanan yang masuk kedalam kategori kritis.

Dua kantor peneliti cyber yang berbeda, FireEye dan McAfee, menemukan bahwa beberapa celah keamanan pada file-file Microsoft Office memungkinkan seorang hacker untuk memasang malware pada PC ataupun Laptop korbannya. Celah keamanan ini sudah ada sejak bulan Januari yang lalu dan baru dipatch oleh Microsoft pada updatenya hari ini. Semua versi Microsoft Office terpapar masalah celah keamanan ini, jadi, bagi pembaca yang merupakan pengguna Office versi manapun, segera lakukan update.

Contoh email palsu berisi malware – CNet.com

Malware yang mendompleng file .doc ini menyebar melalui email yang menyamar seolah olah dikirim oleh seseorang atau lembaga yang dikenal, yang membuat penerima emailnya segera membuka isi attachment. Jika attachment ini dibuka, maka file .doc palsu ini akan secara otomatis mendownload aplikasi HTML yang memasang malware pada PC/Laptop.

Jadi, selalu waspada dengan email  berattachment yang seolah olah berisi informasi penting, seperti informasi pajak, informasi presentasi, ataupun informasi pekerjaan rumah. Jangan lupa untuk selalu mengupdate Windows dan Aplikasi lainnya, dan selalu lengkapi PC dengan sebuah antivirus yang juga terupdate rutin. Gunakan hanya aplikasi resmi (asli), stop menggunakan aplikasi bajakan.

(sumber: CNet)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s