Artificial Intelligence (AI) sudah mulai diajari membuat sketsa

Tidak dapat dihindari bahwa dalam waktu tidak terlalu lama, teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) akan semakin menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Berbagai macam teknologi personal assistant seperti Apple Siri, Microsoft Cortana, Google Assistant, serta Samsung Bixby adalah bukti nyata bahwa masa itu telah mulai datang.

Dahulu, dalam benak sebagian besar dari kita, teknologi kecerdasan buatan hanya mampu membantu kita dalam hal-hal yang bersifat data dan angka, seperti mempelajari perhitungan, mempelajari strategi dan mempelajari logika, namun sepertinya kita harus mulai merubah pandangan seperti itu. Para peneliti di Google, melalui proyek Magenta nya, kini sudah mulai melakukan penelitian dan percobaan teknologi kecerdasan buatan yang mampu mempelajari dan membuat sesuatu yang berkaitan dengan seni, mulai dari seni musik sampai dengan terakhir seni gambar sketsa.

Pada awalnya para peneliti menggunakan data masukkan dari para pengguna aplikasi Quick, Draw! untuk memberikan informasi awal kepada sistem kecerdasan mereka untuk mempelajarinya sendiri. Dan hasilnya ternyata cukup membuat tersenyum. Walaupun masih sangat sederhana, namun sistem AI Google ternyata kini mulai mampu membuat sketsa2nya sendiri, bahkan mampu memperbaiki gambar input dari manusia yang secara sengaja dibuat salah, seperti pada gambar gambar di bawah ini:

Saat ini mungkin hasil sketsa yang dibuatnya hanya mampu membuat kita tersenyum bahkan mungkin sedikit menyepelekan, namun sistem kecerdasan buatan mampu mempelajari hal-hal baru dengan sangat cepat (dengan bantuan kemampuan proses CPU dan GPU yang semakin hari semakin cepat), jadi jangan heran jika dalam beberapa tahun saja, kemampuan menggambarnya akan meningkat drastis mendekati kemampuan gambar seorang ilustrator profesional.

Haruskah kita merasa terancam? mungkin tidak dalam waktu dekat, namun potensi sistem kecerdasan buatan dan robotika mengambil alih pekerjaan yang pada awalnya hanya dapat dilakukan seorang manusia tetaplah ada.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s