Celah keamanan Windows yang sempat dimanfaatkan oleh NSA kini sudah ditutup

Para peneliti keamanan IT dunia sempat dibuat heboh dengan dibocorkannya hacking tools yang digunakan oleh NSA (National Security Agency — Agen Keamanan Nasional Amerika Serikat) untuk memata-matai berbagai macam software dan perangkat IT yang banyak digunakan saat ini. Salah satu “korban” tools NSA tersebut adalah Microsoft Windows, dimana melalui celah keamanan yang ada padanya, sistem operasi Windows yang belum di-patch dapat dimata-matai dan diambil alih jika diperlukan.

sumber gambar: Citrix

Kehebohan ini berawal dari bulan Agustus 2016 yang lalu, ketika kelompok hacking The Shadow Brokers menyatakan bahwa mereka berhasil memperoleh berbagai hacking tools yang dipergunakan oleh para hackers “Equation Group” yang disebut-sebut terhubung dengan NSA. Equation Group diperkirakan merupakan pembuat malware canggih yang tidak kalah menghebohkannya yaitu Stuxnet, Duqu, dan Flame.

Sejak memperoleh hacking tools tersebut, The Shadow Brokers melelangnya di Internet dan beberapa diantaranya melibatkan sistem operasi Windows 7 dan Windows 8.x. Hacking Tools yang beredar memang terbilang berbahaya, dimana melalui bug remote code execution, sebuah sistem Windows yang telah terpapar dapat dipergunakan untuk menyebarkan malware secara otomatis ke sistem Windows lainnya.

Atas temuan ini, Microsoft menyebutkan bahwa celah keamanan yang disebut-sebut oleh The Shadow Brokers sudah ditutup sejak update bulan Maret 2017 yang lalu. Jadi jika pembaca merupakan pengguna Windows 7 atau 8.x yang rajin mengupdate sistem operasinya, pembaca tidak perlu khawatir lagi. Dalam pernyataannya juga Microsoft menyebutkan bahwa hacking tools yang dilelang oleh The Shadow Brokers tidak dapat digunakan pada komputer yang bersistem operasi Windows 10.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s