Processor Intel generasi ke-7 (Kaby Lake) dan AMD Ryzen tidak akan bekerja optimal pada Windows 7 dan 8.x

Jika pembaca baru saja membeli sebuah PC atau Laptop yang menggunakan processor terbaru Intel Kaby Lake ataupun AMD Ryzen, sebaiknya pasangkan mereka dengan Windows 10 jika ingin tetap mendapatkan patch dan update. Microsoft secara resmi sudah menghentikan update (kecuali yang berhubungan dengan celah keamanan) pada komputer yang menggunakan processor terbaru dengan sistem operasi Windows 7 ataupun Windows 8.x.

Komputer gres pembaca memang tetap akan berjalan dengan normal dengan Windows 7 dan 8.x, namun jika pembaca mencoba menjalankan Windows Update, maka berbagai macam peringatan akan muncul yang menyatakan bahwa Windows yang digunakan tidak mendukung processor yang terpasang.

Start Menu Windows 10

Microsoft beralasan bahwa mereka ingin lebih fokus untuk memberikan dukungan terbaik bagi Windows 10 yang lebih aman dan lebih handal. Di satu sisi, ini keputusan yang masuk akal karena para programmer mereka dapat lebih fokus pada satu produk saja, namun disisi lain, ini mungkin usaha Microsoft untuk memaksa para pembeli perangkat komputer baru untuk langsung menggunakan Windows 10.

Apapun alasan Microsoft, pembaca yang memang sudah membeli atau berencana untuk membeli sebuah PC baru sebaiknya mulai mencoba Windows 10. Penulis sendiri sudah lama menggunakan Windows 10, dan merasa bahwa sejak versi Anniversary Update tahun lalu, Windows 10 sudah terbilang nyaman, stabil dan responsif untuk digunakan. Versi Creators Update yang baru saja didistribusikan minggu yang lalu semakin membuat Windows 10 menjadi sistem operasi yang menyenangkan. Dari sisi performa, penulis merasa bahwa Windows 7 masih sedikit lebih cepat daripada Windows 10, namun dari sisi fitur dan keamanan, Windows 10 jauh lebih baik daripada Windows 7. Jadi, tunggu apa lagi?

(sumber: The Register UK)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s