(Updated) Beberapa pengguna Samsung Galaxy S8 mengeluhkan warna layarnya yang agak kemerahan dibandingkan lainnya

Penulis yakin siapapun yang melihat smartphone Samsung Galaxy S8 (dan S8+) akan setuju bahwa Samsung telah berhasil membuat sebuah smartphone yang berdesain sangat cantik dengan spesifikasi sangat canggih. Lebih dari cukup untuk membuat para pembelinya melupakan kasus Galaxy Note 7 yang “meledak-ledak”. Dalam memproduksi Galaxy S8, Samsung pastinya sudah memastikan bahwa kualitasnya akan terjaga agar kasus dahulu tidak terulang lagi.

Namun, sejak para pembeli pre-order di Korea Selatan mulai menerima smartphone yang mereka pesan, ternyata beberapa pengguna Samsung Galaxy S8 mulai mengeluhkan warna layar smartphone kesayangannya yang berwarna lebih kemerahan dari seharusnya. Samsung sendiri secara resmi menyatakan bahwa hal itu bukan karena ada masalah pada hardware, melainkan dapat dirubah melalui pengaturan software — namun yang agak menggelikan pada akhir pernyataannya, mereka juga menyebutkan bahwa jika nuansa merah nya masih tetap ada setelah melakukan penyetelan, maka para pengguna nya dapat melakukan penukaran unit di Service Center resmi mereka.

Para pengguna yang mengeluhkan warna layarnya mengatakan bahwa mereka sudah mencoba mengutak-atik pengaturan warna layar melaui setting software, namun layar smartphone mereka tetap berwarna kemerahan seperti pada foto di bawah ini.

Apakah ini menjadi blunder Samsung yang kedua kalinya? semoga tidak. Karena harus diakui bahwa Samsung Galaxy S8/S8+ pada saat ini adalah smartphone tercantik sekaligus tercanggih yang ada di pasaran dan terbukti populer, lihat saja angka pre-order nya di Korea Selatan yang disebut sudah melebihi angka 1 juta unit. Itu baru di Korea Selatan. Beberapa analis menyebutkan bahwa Samsung diperkirakan akan mampu menjual 50 juta unit Galaxy S8/S8+ pada tahun ini saja, dengan total penjualan akan mencapai 60 juta unit. Sebuah rekor bagi Samsung jika menjadi kenyataan.

Infonologi.com akan mengupdate berita ini setelah ada informasi lebih lanjut mengenai “red-gate” Galaxy S8 ini. Stay tuned.

Update 25/4/2017: Samsung menyatakan bahwa masalah layar Galaxy S8/S8+ yang kemerah-merahan bukan masalah hardware dan dapat diatasi dengan update/patch yang sedang dibuat oleh Samsung. Consumer Reports pun menyatakan hal yang sama, bahwa masalah warna layar pada Galaxy S8 tidak harus dibesar-besarkan karena dapat diperbaiki melalui setting warna. Jadi para pemilik atau calon pemilik Samsung Galaxy S8 yang cantik tidak perlu khawatir.

Update 28/04/2017: Samsung sudah mulai mendistribusikan update untuk mengatasi komplain penggunanya mengenai warna kemerahan pada layar Galaxy S8 dan S8+. Update ini baru tersedia  di wilayah Korea Selatan, namun tidak lama lagi akan tersedia untuk pengguna Samsung Galaxy S8/S8+ di berbagai belahan bumi lainnya. Versi firmware terbaru untuk Galaxy S8 adalah G950NKSU1AQDG, sedangkan untuk Galaxy S8+ adalah G955NKSU1AQDG. Dengan update ini, sebuah menu untuk mengatur keseimbangan warna akan tersedia pada opsi Adaptive Display dimana penggunanya dapat mengatur tingkat putih layar yang diinginkannya.

 

Samsung S8 Red Tint Solution(Sumber: GSMArena, Sumber update:  GSMArena)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s