MasterCard akan melengkapi kartu kreditnya dengan pemindai sidik jari

Dengan peraturan yang diumumkan oleh Bank Sentral di berbagai belahan dunia, kartu kredit berbasis chip saat ini sebetulnya sudah memiliki sistem pengamanan PIN yang jauh lebih baik dibandingkan ketika masih menggunakan strip magnetis dan tanda tangan. Tapi bagi MasterCard, sistem keamanan ini masih dirasakan kurang nyaman dan aman. Oleh karena itu, baru-baru ini MasterCard mengumumkan bahwa mereka sedang dalam tahap uji coba sebuah sistem kartu kredit baru berbasis chip yang memiliki pemindai sidik jari.

Dengan menggunakan pemindai ini, pemilik kartu kredit hanya perlu menempelkan jari nya pada bagian khusus di kartu kredit ketika kartu tersebut dimasukkan ke alat pembayaran. Sistem ini terbilang lebih baik daripada PIN, karena PIN masih dapat diingat oleh orang-orang yang melihatnya, dan sekaligus juga lebih nyaman, karena potensi lupa akan nomor PIN menjadi tidak terjadi lagi.

Walaupun masih dalam tahap uji coba, namun reviewer dari situs Engadget menyebutkan bahwa sistem ini ternyata berjalan sangat cepat dan akurat, dimana pemindai dapat dengan waktu singkat mengetahui bahwa sidik jari yang digunakan adalah sidik jari pemilik kartu atau bukan.

Asyiknya, walaupun kartu baru MasterCard ini sudah dilengkapi dengan sistem pengamanan yang lebih canggih, tapi ukuran dan ketebalan kartunya tidak berbeda. MasterCard dalam pernyataan resminya menyebutkan bahwa kartu kredit MasterCard dengan pemindai sidik jari akan mulai diimplementasikan pada akhir tahun 2017 ini.

(sumber: Engadget)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s