Beberapa model Router Linksys memiliki celah keamanan yang membuatnya dapat digunakan sebagai BotNet

Para peneliti keamanan IOActive memperingatkan Linksys bahwa beberapa router miliknya memiliki celah keamanan yang membuat router tersebut dapat dipergunakan untuk membuat BotNet.

Celah keamanan yang ada pada router Linksys ini dapat dimanfaatkan untuk membuat router me-reboot, menutup akses pengguna, membocorkan informasi detail mengenai router serta perangkat yang terhubung dengannya, ataupun merubah setting router itu sendiri. Kebanyakan router yang dideteksi terpapar memiliki username dan password yang masih default.  Sekitar 20 model router Linksys memiliki berbagai celah keamanan dengan tingkat bahaya menengah sampai dengan kritis.

IOActive dan Linksys sudah bekerjasama mengenai hal ini, dan untuk sementara waktu, Linksys sudah memberikan instruksi kepada para pengguna router mereka untuk mengatasi celah keamanan ini sebelum update firmware siap didistribusikan dalam beberapa minggu kedepan. Dokumen Security Advisory dari Linksys dapat dilihat pada tautan ini.

Jika pembaca adalah pengguna router Linksys, jangan lalai dan enggan membaca dokumen dari Linksys di atas. Segera lakukan langkah me-nonaktifkan mode Guest Networks pada router Linksys yang digunakan.

(sumber: The Register)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s