Malware Shishiga dibuat khusus untuk menargetkan sistem operasi Linux

Malware dengan target sistem operasi Linux terbilang masih jarang dibandingkan dengan malware untuk Windows ataupun untuk Android, namun dengan semakin banyaknya perangkat IoT yang menggunakan sistem operasi Linux maka mau tidak mau sistem operasi ini pun ikut menjadi target besar yang diincar para hackers.

Baru-baru ini, sebuah malware bernama Shishiga yang ditemukan oleh para peneliti di ESET dibuat secara khusus untuk menargetkan sistem berbasis Linux. Malware Shishiga mencoba masuk melalui beberapa protokol seperti SSH, Telnet, HTTP, BitTorrent, serta modul Lua. Shishiga mencoba masuk pada sistem-sistem yang memiliki password yang lemah ataupun password default yang biasanya jarang diganti oleh para pengguna perangkat IoT.

Peneliti ESET lebih lanjut menyebutkan bahwa malware Shishiga ini sepertinya masih dalam tahap pengembangan, karena kode-kode dalam setiap revisi malware tersebut masih sering berubah, bertambah, dan dimodifikasi. Jadi, sebelum malware ini benar-benar menyebar dan merusak, pembaca yang menggunakan sistem operasi Linux, baik itu PC, Laptop, ataupun Wifi Router, Access Point, dan berbagai perangkat  berbasis Linux lainnya, sebaiknya segera mengganti password Telnet dan SSH nya dengan password yang lebih aman, lebih kompleks, dengan kombinasi antara tanda baca, angka, dan huruf besar-kecil.

(sumber: The Register)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s