Microsoft memperkenalkan Surface Laptop dan Windows 10 S

Pada perhelatan #MicrosoftEDU kemarin, Microsoft memperkenalkan dua produk utama andalannya. Sebuah laptop yang dinamakan Microsoft Surface Laptop dan sebuah sistem operasi genre baru Windows 10 S.

Microsoft Surface Laptop merupakan sebuah laptop teranyar dari Microsoft yang masuk ke dalam kelas high-end dengan harga mulai dari US$ 999 sampai dengan US$ 2199. Terbilang cukup mahal memang, namun jajaran produk Surface yang dikeluarkan Microsoft memang selalu ditargetkan untuk menyaingi produk high-end dari  Apple yang juga tidak pernah murah.

Desain yang diusung Surface Laptop sangatlah cantik dan berbeda dari kebanyakan laptop lainnya. Chassisnya terbuat dari metal yang kuat sekaligus ringan, dengan layar PixelSense 13,5″ yang jernih dan tajam (2256 x 1504 pixels) yang diberi perlindungan Gorilla Glass 3. Seperti halnya pada setiap produk Surface lainnya, Surface Laptop juga menggunakan layar sentuh. Yang unik, tombol-tombol keyboard nyaman nya kini dikelilingi oleh lapisan Alcantara yang lembut dengan touchpad besar yang akurat. Desain dan pemilihan bahan yang digunakan benar-benar membuat Surface Laptop menjadi produk yang berbeda, sangat pantas jika kemudian ia mengusung harga yang tidak murah.

Surface Laptop tidaklah berat, bobotnya hanya sekitar 1,25 Kg dan sekaligus juga tipis, hampir mirip dengan sebuah laptop MacBook Air milik Apple. Tapi jika bicara spesifikasi dan daya tahan baterai, Surface Laptop ternyata memiliki senjata yang cukup mumpuni. Prosesornya ditawarkan mulai dari Intel Core i5 sampai i7 generasi ke-7, dengan memori RAM tersedia mulai 4 GB, 8 GB, dan 16 GB, sementara media penyimpanan SSD nya tersedia dalam ukuran 128 GB, 256 GB, atau 512 GB. Daya tahan baterainya juga terbilang mengagumkan, Microsoft menyebutkan bahwa baterai Surface Laptop dapat bertahan sampai dengan 14,5 jam sehingga mobilitas penggunanya tidak banyak terganggu karena harus mencari sumber listrik.

Jika ada yang patut disayangkan dari produk laptop terbaru Microsoft ini adalah jumlah port nya yang terbilang minim, Surface Laptop hanya memiliki 1 buah port USB 3, 1 buah port Mini DisplayPort, serta 1 buah port khusus yang dinamakan Surface Connect.

Surface Laptop menggunakan sistem operasi genre baru dari Microsoft yang dinamakan Windows 10 S. Windows 10 S ini didisain lebih ringan dan lebih sederhana yang sangat cocok untuk dunia pendidikan ataupun bagi lembaga-lembaga lain yang tidak memerlukan kompatibilitas dengan program-program x86 lama. Hanya program-program baru berbasis UWP (Universal Windows Platform) yang didownload dari Windows Store-lah yang dapat digunakan pada Windows 10S ini. Beberapa pemerhati IT mungkin akan mengerenyitkan dahi membaca ini, namun jika melihat bahwa Microsoft memposisikan Windows 10 S untuk menghadapi kepopuleran Google Chromebook, maka pemikiran Microsoft mulai terlihat logis.

Karena lebih ringan, proses cold-boot sampai dengan Windows 10 S siap digunakan menjadi singkat, hanya sekitar 10 detik saja. Dan dengan hanya mengandalkan aplikasi UWP yang tersedia pada Windows Store, Windows 10 S juga menjadi relatif lebih aman dibandingkan Windows 10 biasa. Hal ini dimungkinkan karena aplikasi berbasis UWP memiliki batasan akses yang lebih ketat terhadap sistem operasi, sehingga serangan hack pada aplikasi UWP ataupun crash pada aplikasi UWP tidak akan berpengaruh terhadap stabilitas dan operasional sistem operasi.

Untuk calon pembeli Surface Laptop yang tidak suka dengan konsep Windows 10 S, jangan khawatir, karena sampai dengan akhir tahun 2017 ini, Microsoft menawarkan opsi upgrade cuma-cuma ke Windows 10 Pro yang reguler. Setelah tahun 2017 ini, upgrade dari Windows 10 S ke Windows 10 Pro akan dihargai US$ 49.

Oh ya, Windows 10 S tidak hanya tersedia untuk Surface Laptop, namun juga akan tersedia pada laptop-laptop murah yang berasal dari berbagai vendor diantaranya seperti Acer, Asus, Dell, Fujitsu, HP, Samsung, dan Toshiba. Harga laptop termurah yang menggunakan sistem operasi Windows 10 S adalah sekitar US$ 189.

(sumber: Tom’s Hardware)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s