Google memperkenalkan modul Virtual Assistant untuk Raspberry Pi 3

Para penggemar dan hobbyist yang gemar mengutak-ngatik ataupun belajar programming dengan Raspberry Pi 3 kini memiliki alasan baru untuk semakin lupa waktu dengan mainannya. Google, bekerjasama dengan Raspberry, baru-baru ini meluncurkan modul HAT (Hardware Accessory on Top) yang menambahkan kemampuan pengenalan suara pada Raspberry Pi 3. Dengan modul yang dilengkapi dengan controller, speaker dan microfon ini, sebuah Raspberry Pi 3 dapat dijadikan sebuah Virtual Assistant dengan basis teknologi dari Google seperti pada Google Home.

Asyiknya, modul ini juga memungkinkan hobbyist untuk memprogramnya dengan perintah suara sendiri dan mengintegrasikannya dengan berbagai macam program dan modul yang tersedia untuk Raspberry Pi 3.

Program yang diprakarsai oleh Google dan Raspberry ini disebut dengan AIY atau Artificial Intelligence Yourself. Ini merupakan inisiatif Google untuk membuat para hobbyst lebih mengenal produk-produk software mereka dan menggandeng Raspberry adalah keputusan yang sangat tepat mengingat kepopuleran Raspberry yang luar biasa di kalangan hobbyist dan pelajar. Jika pembaca menginginkan modul ini, pembaca bisa mendapatkannya secara cuma-cuma dengan membeli majalah MagPi edisi 57.

(sumber: Engadget dan Raspberry)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s